Friday, July 04, 2008

Untuk keseribu kalinya : pake helm-muuuu!!!!

ilustrasi di’pinjem’ dari sini : www.motoxoutlet.com

 Semalam kami ada di Ciledug. Kami, saya dan suami,  dalam perjalanan pulang menuju rumah. 

Jalur dua arah macet. Mobil-mobil bergerak lambat. Motor meliuk ke kanan dan kekiri mencari celah. Untuk ukuran jam sebelas malam rasanya terlalu berlebihan. 

 
Awalnya saya bingung. kenapa banyak orang berkerumun di depan sana?

 
Perlahan motor kami melintas. Seperti gerakan slow motion mata saya melirik jalur sebelah.

 
Ada satu motor yang diparkir dengan arah yang aneh sekali *mungkin sudah ditegakkan seseorang* ada satu orang yang tersenyum panik dan berusaha mengatur jalan.  Beberapa orang menonton dari sisi jalan.  Beberapa motor berhenti *untuk menonton* dan penumpang mobil yang lewat , melongok dari jendela masing-masing.

Pengen tau.

Termasuk saya.

 
“Ya  Allaaaaah..!! Kenapa diem aja? Kenapa nggak ditolong sih?”

 
Saya hanya bisa berucap.

Tak jauh dari motor itu, ada seorang pemuda tergeletak. Wajahnya tertekuk aneh menengadah keatas, badannya terlentang, kedua tangan terbuka disamping kepala dan darah tergenang diatas aspal.

Saya masih terus menoleh.  Dan tak sengaja menatap wajahnya.

Mendadak perut saya mual.

 Saya palingkan wajah. Motor kami terus bergerak. Kini pandangan saya beralih ke pengemudi motor yang ada di samping kanan kami. Ia juga melihat kejadian. Ia menoleh dan menatap saya. Sepertinya ia bisa membaca pikiran. Dan kemudian bilang :

 “Mati!”

 Dan kemudian menambah kecepatan motornya.

Meninggalkan kami.

 

Serpong, jumat  siang 4 juli 2008

 
Ini sering jadi obrolan kami berdua. Kenapa ya, masih banyak orang yang ogah memakai helm. Terutama di tangerang sekitar *secara kami sering mblusuk-mblusuk sampe ke pedalaman* apa susahnya sih tinggal pake helm doang. Kan itu buat keamanan mereka sendiri.

  Sedih rasanya.

14 comments:

begundals kecil . said...

bad habit...susyah ngasih taunya mba..

emil emierdhynie said...

Punya kepala cadangan kali di rumah Mbak. Pengendara motor lama kelamaan mulai kayak bajaj kelakuannya. Belok,meliuk-liuk kayak ular. Dan kalau belok cuma dia dan Tuhan yg tau arahnya mo kemana.Lampu sein dianggap cuma "tetelan" daripada alat keselamatan.

a riesnawaty said...

enaknya sih, dijitak aja kali ya kepalanya.

a riesnawaty said...

mbheeeer! memang nggak semua pengendara motor seperti itu sih. tapi kayaknya 99,99% deh .. ;) jalan raya dianggap sentul kali yah?

Imas Nasution said...

bbrp orang yg gw kenal pernah bilang kalo naik motor itu kayak ada setannya.
niatnya sih pengen tertib, tapi kalo tangan udah nempel di stang kayak ada kekuatan magic yg ngajak ngebut :D

bagus hu said...

emang bandel sih. gue juga kalo naik motor jadi cenderung melanggar sih. tapi karena suka nyetir mobil dan bersepeda, jadi agak nyadar juga. rada tau diri sedikit :D

a riesnawaty said...

khawatir jadi perilaku standar dalam mengemudi motor, Mas...

a riesnawaty said...

tapi agak susah juga lho, men-switch tombol dari nyetir motor ke mobil. lagi mbawa mobil, pengennya nyelip2 kayak motor ajah.. huehehehe....

*ini pengalaman pribadi, saksi mata melihat kelakuan suami sendiri*

bagus hu said...

kok background mp mu banyak iklannya ries? katanya udah exceed limit. suruh upgrade.

a riesnawaty said...

iya Gus. lagi mau diganti kok. tengkyuuuuu looooh...

Dhian Komala said...

duuuuuhh... bener banget tuh ries..
aku pikir cm aku yg mikir spt itu..

a riesnawaty said...

tuh bener kan .. mbak Dhi...

vee yaa said...

Ngeliat foto helm yg banyak di atas, kirain Mbak ku yg satu ini alih profesi jd tukang helm, eee...gak taunyaaa critain kejadian kecelakaan
Aku jg bingung tuh liat mreka2 yg gak pake helm, mungkin cadangan nyawanya banyak banget kaleee...

a riesnawaty said...

kayak kucing kali Veer.. nyawanya ada sembilan.. *huh!*

 
;