Wednesday, July 09, 2008

tangga monyet untuk mpus joni

Kemaren sore saya dengar ada orang yang sedang menebas alang-alang di kapling belakang. Di mulai dari ujung kapling hingga batas tembok belakang rumah kami.

Sempat saya intip sih. Orangnya nggak keliatan, tapi pagar seng kapling yang biasanya digembok, sudah terbuka sebagian.  

Saya tahu, saya tak punya kuasa atas kapling kosong itu. Tapi boleh lah saya terus berharap, semoga kaplingnya tetep kosong untuk selamanya. Hehehe… jangan sampai dibangun rumah deh.  

Saya masih seneng dengan angin cepoi-cepoi di siang hari yang nyelonong dari belakang. Saya masih cinta dengan suara burung yang bersarang di pohon papaya di belakang sana. Kadang-kadang, saya rindukan juga suara tokek yang sesekali unjuk gigi atau capung dan kupu-kupu yang nyasar hingga dapur saya.  

Seluruh kucing di rumah rupanya sama ingin tahunya seperti saya. KIKI-MIMIN-KOKO nongkrong di tembok belakang, mengamati. Tumben mereka betah berlama-lama disana. 

 Entah pukul berapa orang itu selesai bertugas. Mungkin sekitar magrib karena hari mulai gelap. Mulailah jendela saya tutup dan lampu dinyalakan. Setelah ini selesai, mpus-mpus akan makan malam. Tapi kenapa ada suara miau-miau memilukan dari belakang sana ya? 


 Sambil menyeret kursi dan menempelkannya dekat tembok belakang, saya mengintip melihat ke belakang. Sudah gelap disana. Alang-alang belakang sudah rebah semua.  Dan seekor kucing mungil yang panik berat karena tidak bisa naik kembali ke atas tembok.

Huh.. siapa lagi kalau bukan Joni. Si bungsu ini sepertinya tadi mengikuti kakak-kakaknya *MIMIN-KIKI-KOKO* terjun bebas dan bermain di kapling belakang.  

Seingat saya, ada tangga Joni deh disana *hehehe.. ini istilah saya aja. Sebuah papan kayu bekas yang ditemukan di tanah belakang rumah. Ditumpangkan dengan sudut tertentu, sehingga kucing centil ini bisa memanjat sendiri ke tembok pagar belakang rumah kami* 

 Ah.. Joni.mengulang kembali kisah beberapa minggu lalu rupanya. Ketika suami saya yang tubuhnya lumayan sekseh itu   *“Kamu yakin?” saya sempat ragu dan memegang kuat-kuat tangga yang dipakainya* harus meniti tembok belakang dan melompati teralis besi setinggi 2 meter untuk menyelamatkan si Joni ini.  

Proses SAR kucing kecil ini selesai sudah. Dan bonusnya, tangga Joni dipasang disana. 

 “Arghhhhh…” saya mengeluh panjang. Tangga Joni sudah hilang. Mungkin orang yang menebas alang-alang tadi ikut menyapu bersih papan kayu ini. Duh.. Joni, maafkan saya ya.

 Saya sudah berpikir untuk melompat saja ke belakang. Atau pergi ke rumah tetangga di ujung jalan sana *yang katanya pemilik baru tanah kosong itu* untuk memohon dan menghiba meminjam kunci gemboknya.  

Oiya, konsultasi dengan  suami dulu ah *yang masih ada di kantor*siapa tau dia punya ide.

  “huhuhuu…Joni ada di belakang lagi. Nggak bisa naek” tangis saya.

   “tangganya?”  

“diambil oraaaaang….” “gimana duuun?”

  “………….” “pake kain” 

 “hah?” lagi tolol mode on, definitely bukan meniru gaya Artalita dalam kasusnya dengan Jaksa Urip.  

“Oh.. okeee..” Saya ikuti petunjuknya.  

Kain panjang  milik saya,  saya ikatkan ke salah satu batang teralis. Kemudian, saya lemparkan ke dekat Joni.

Sempat terpikir sih, membuat simpul-simpul untuk pijakan kaki. *inget cerita di film-film itu lho*

tapi kucing kan punya cakar miau untuk berpengangan toh. *duh.. ini pasti efek Artalita dan Jaksa Urip itu lagi *  



Saya kira prosesnya tak akan semudah itu. Salah besar rupanya. Rupanya si Joni secepat kilat berpegang *dengan cakar miau tentunya* pada ujung kain. Sisanya saya hanya menariknya ke atas, persis seperti menimba air. Dan olalaaaa… wajah Joni yang pucat pasi itu muncul deh dari kegelapan.  

Jadi, kalau kalian kebetulan mampir ke rumah, dan melihat selembar kain tergantung pasrah di tembok belakang rumah. Jangan heran dan jangan ragu.   Itulah tangga monyet untuk mpus Joni.       


Serpong 9 juli 2008 15:38 (si centil itu lagi nggangguin mpus KIKI yang lagi bobo siyang)

27 comments:

Kuntarini Rahsilawati said...

haha......Joni pinterrr!!!

a riesnawaty said...

tuh joniiii.. denger tuuuh...

war sure said...

tul..kucingnya pinter ...ada berapa kucingnya

Rumah Evan said...

hehehe .. kucingku dulu malah ada yang pernah nyemplung sumur mb , aduh, kasihan banget deh. dilemparin timba juga ga mau, aku dah mau nyemplung sumur ga boleh ma mama ..hehe inget itu jadi geli deh

theresa jackson said...

Ide yg hebat! Patut dikagumi!!!!!! Tangga Mpus Joni!!!!

a riesnawaty said...

ya ampuuun... kasian amaat. Memang sih, kucing itu kayak orang juga. ada yang pinter ada yang loadingnya luaaamaaa.. :)

terus, gimana kelanjutannya? siapa yg merescue mpus itu?

a riesnawaty said...

begitulah mbak TJ... ide cemerlang dari my hubbie

rahma alizhra said...

wah, proses SAR nya keren banget.... ;-D

theresa jackson said...

Sebaiknya tangga kainnya diambil lho ntar bisa buat naik "tamu tak diundang"...

a riesnawaty said...

belajar dari pengalaman mbak Rahmaaa..

a riesnawaty said...

belajar dari pengalaman mbak Rahmaaa..

a riesnawaty said...

makasih mbak TJ. Tangga monyetnya dipasang pas emergency doaang..

a riesnawaty said...

ada enam mas Anwar.. hehehe...

theresa jackson said...

Iya soalnya dulu villa kami pernah dimasuki orang yg masuk lewat titian bambu ke jendela kamar...Iiiih ngeriii!

deasy natali said...

ooohhh.... ternyata si paman gembul yah yg punya ide.... tumben brilliant.... :p

paman gembul semalem laper berat mbak.... makannya nambaaahhhh
hehehehe...... :))

a riesnawaty said...

luwoooh.. katanya malah kamu yang makannya banyak Deas.. ;D

a riesnawaty said...

luwoooh.. katanya malah kamu yang makannya banyak Deas.. ;D *aaah.. dasaaar ... si mbuuuul*

L Tjahjono said...

Emang mantep si MJ!

a riesnawaty said...

iya Yo,,, malah kemaren juga mau mbikin jembatan KIKI. Ntar aku ceritain deeeh.. kenapa bisa begituuuh

elis widen said...

kreatip kreatip :))

riko ajah said...

untungnya si joni paham, maksud kain itu utk apa... emang pinter...yang pinter lagi yg kasih ide...

tjee-pee - said...

Waaa....baru masuk lagi niy ke MP...
Kangeeeeeen.....:-((

tjee-pee - said...

Ngomong2..yg di Headshot itu mba Aries bukan Yaa....:-????

:-D

a riesnawaty said...

*buru-buru nyiapin welcome drink :D*

a riesnawaty said...

buetuuuul..

a riesnawaty said...

tapi tangga itu tak berguna ketika cakar miau-nya sudah dipotong, seperti tadi pagi Lis... *hiks!.. dia kagak bisa bergelantungan*

a riesnawaty said...

dudududu..

 
;