Thursday, July 24, 2008

(dari Balada si Roy hingga) the journey from Jakarta to Himalaya

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Biographies & Memoirs
Author:gola gong
Malam itu kami –saya dan joko- ada di Kober, Depok. Nganterin David ke kontrakan tempat tinggal Dotten dan Iman saat ini.  joko tertarik dengan game yang sedang dimainkan Iman pada kompie-nya. Sementara  David langsung terlibat pembicaraan seru dengan Dotten.

Saya yang duduk tak jauh dari mereka berdua, menimpali sesekali. Buku yang tadi tergeletak di meja Iman menarik minat saya. Penulisnya Gola Gong. Masih inget kan? Penulis kisah Balada Si Roy yang pernah saya baca dulu. Sudah lama sekali rasanya dan saya nggak pernah baca bukunya lagi.

Seperti kebiasaan saya, baca sekilas secara acak. Judulnya The Journey : from Jakarta to Himalaya. Tapi kemudian malah bergerak hingga halaman pertama, disusul halaman kedua. Seru juga…

Saya *mupeng pengen mbaca* : “Maan… udah selesai kamu baca?”
Iman *sempat ragu*: “udah”
Saya *nggak tau malu hihihi* : “Pinjem yak?”
Iman *histeris*: “Tapi balikin yaaa”
Saya *tambah agresif* : “Ya iiyyaaaaaalaaah…masa ya iyaaaaaa… doooon”
Iman *jadi curhat*: “Soalnya banyak yang minjem, nggak pernah balikin”
Saya *janji pramuka* : “pasti aku balikin maaaaan!”

Soal pinjam meminjam buku itu memang sensitif sekali deh. Saya bisa merasakan kegusarannya. Lha wong saya juga paling sebel kalo ada orang pinjem buku tapi nggak dikembalikan. Kadang-kadang, itu buku lama yang nggak dicetak ulang lagi. Sebel kan?

Ah… saya memang bawel kalau sudah berurusan dengan buku.  

Nah.. kembali ke soal buku. Buku ini mengisahkan catatan perjalanan Asia-nya medio 1991-1992 lalu. Sembilan bulan nge-backpack menyusur Malaysia, menyeberang ke Thailand, melintas Laos, Bangladesh, India, Pakistan dan Nepal.  Budget mepet nggak menyurutkan ia untuk terus berjalan ke arah matahari tenggelam. 

Saya jadi ikut merasakan chaosnya jalanan di Dhaka. Berendam di sungai Gangga. Nebeng mobil menuju Golden Triangle yang kaya akan opium itu. Merasakan euphoria penonton film India di bioskop-bioskop mereka. Terperangah melihat Kathmandu. Menyepi di Pokhara dan tiap hari naik ke atap untuk duduk menikmati puncak salju Annapura atau sakit pinggang akibat ingin merasakan camel safari di Rajasthan. Termasuk nyaris dijebak oleh lelaki homo di Pakistan. Duh!

Membaca buku ini saya melihat seorang Gola Gong yang sekarang. Yang semakin religius dan jauh lebih dekat dengan keluarga dan rumah. Bisa kangen rumah juga. Bisa homesick juga. Tidak menggelegak seperti si Roy. Mungkin juga karena masa itu adalah masa muda yang masih penuh dengan ‘amarah’ dan jiwa yang tak ingin terikat akan sesuatu.

Lagi-lagi ini khayalan tingkat tinggi. Andai Balada si Roy di buat mini seri tv., pasti seru juga ya. Kalau saya jadi tim casting, mungkin saya akan memanggi Januarisman *idol 2008* untuk ikutan casting. Kayaknya dia cocok deh jadi tokoh si Roy.


Serpong 24 juli 2008 10:03 *tapi akhirnya bukunya bisa dipinjem juga  baca santai on off selesai dalam 2 hari*

Catatan :
model mpus koko n mpus Joni
mengenai gola gong : keluarga pengarang  atau disini gola gong  
lha? Balada si Roy ada e-booknya juga : balada si roy

31 comments:

Emma ɐɯɯǝ said...

pinjem dunk...bukunya..;)

a riesnawaty said...

*mbisikin Iman....* ada yg mau minjem tuuuh! :)

Emma ɐɯɯǝ said...

Maan ..Iiii ...mannnn.......
*manggil manggil Iman..sambil bawa setumpuk gorengan buat sogokan*

Wiwiek Sulistyowati said...

wuah, mas gg, my fave author tuh, tau ga, ultah kita samaan, 15 agustus loch :)

hilmi hilmi said...

mba, kayak aku dong, kemaren di pesta buku diawal juli, kang GG woro2 di milis, dia mau book signing, akhirnya meluncurlah aku kesaan secara incer bukunya dia juga
bisa dapet tanda tangan pula, sambil dia menuliskan ini" mari berjihad lewat tulisan"
kang GG, sering jalan-jalan karena waktu bayi ari arinya dibuang ke sungai, jadi deh suka jalan jalan cari ari ari yang ilang dahulu he he hehe

wiku the ceo said...

favorit saya dulu...gola gong..
masih inget ceritanya romansanya dengan suci..:)

deasy natali said...

huahahahaha..... :))

begitulah diaaa..... eerrr.... sebenarnya sih yg satunya lagi juga begitu :D :D
jadi satu rumah itu sama aja kalu soal minjemim buku *hihihi... ma'ap yah bebe*

aku saja, kalu mau baca buku2nya mas iman musti baca ditempat, gak boleh dibawa keluar dr rumah... :(
untunglah si cungkringku itu sdh tdk begitu lagi, hihihihi.....

bagus hu said...

iya gola gong emang top... :)

catsmania 83 said...

mo ngomentarin tp bukan ttg bukunya, tp yg jd model :D
duh, ganteng2 pisan yg jd modelnya! =(^,^)=
halo mpus joni dan mpus koko (yg pake kalung yah? macho amet dah hihihi!)
salam meong!

deni dotten said...

siapa siapa ... ??? ... enak aja :p

coba tanya ariesna, ak aman2 aja kan ries ya ? :D

Iman Soe said...

wah gemana yaah... *mulai ngelesh...*

Iman Soe said...

okeeeh... silahkan pinjem.. *nyomot gorengan sogokan*

Iman Soe said...

terima kasih pujiannya... *tersenyum bangga*

Dindin MK said...

pas udah baca buku ini yang paling bodor mgjengkelkan adalah yaitu pas *alah*.. HolyFest di India.. Hahaaaa.. Bodoh, maen timpuktimpukan.....
^_^ *heu*

a riesnawaty said...

menarik juga...
*saya yang ari2-nya ditanem di halaman belakang* <----- orang rumahan :D

a riesnawaty said...

bentar lagi dong ...

a riesnawaty said...

sama doooong

a riesnawaty said...

enam delapaaaan!

a riesnawaty said...

tul!

a riesnawaty said...

halo mbaaaak...
salam meong jugaaaa... KOKO *yup! pake kalung* baru bangun tiduuuur. Kalo Joni sih.. dipotret pas lagi 'pingsaaaan' bobok siyaaak.. huahahaha....

a riesnawaty said...

iya ya. kadang orang nggak peduli apa kita itu lagi capek atau bete..

dwi novi said...

gola gong salah satu inspirasi gw utk menjelajah indah nya bumi nusantara ini....

a riesnawaty said...

*tuuh.. dengerin kata senior :D*

shinn asuka said...

wedew...baca golagong juga...
mangstab...

aku adalah seorang pejalan, biarkan debu menjadi pengharumku,

a riesnawaty said...

jalan teruuuuuus .....!!! gaaazzzzz....!

sysilia tanhati said...

wah,iman punya buku ini yahh??kekekekek..*niat minjem*
TFS mba :))

a riesnawaty said...

huehehehe.... *siap-siap tuh Maaaan!*

nadia salju said...

aku baru memulai baca buku ini...bikin ileran...kepengen jalan2 juga....

a riesnawaty said...

nggak usah nunggu ,.... langsung jalaaaan....

nto ' said...

buku yang bagus.... sangat!!

Rumah Evan said...

dan akhirnya sang avonturir harus berbaring karena pengapuran ..

aku belum update info terbaru ,tapi semoga cepat sembuh mas gong..

 
;