Tuesday, July 08, 2008

episode : MAKAN SIRIH BARENG (it’s very-very dangerous. Do not try this at home :D)

lanjutan kisah trip baduy 14-15 juni lalu. kisah sebelumnya :kereta tiba pukul berapa?

 

 

Nggak lama kemudian, kami sudah tiba di Cibeo. Jam setengah enam sore saat itu.  

 

 

kami duduk di salah satu beranda rumah penduduk Cibeo.  Sementara Suwasti terlihat tertawa bahagia berjumpa dengan teman-teman baduy-nya.  Aku duduk dan menyerap energi yang ada.

 

 

*ah.. istilahnya terlalu keren kali ya* Maksudku, dalam situasi seperti ini, aku lebih suka diam. Merasakan denyut nadi kampung ini. Apalagi menjelang pergantian hari. Suasana magrib menjelang malam.

 

 

Hmm… gimana njelasinnya yah. Begini contohnya : momen seperti mendengar gaung riuh orang yang mengobrol, ketipak kaki anak-anak yang berjalan kesana kemari. Ibu-ibu yang baru pulang dari mandi di sungai.

 

 

Dan kemudian …. *suara tangan dijentikkan.. J* Tiba-tiba sepi. Tiba-tiba gelap. Dan suara jangkrik mulai mengambil alih. Semua orang masuk ke rumah masing-masing.

 

 

Satu jam kemudian.

 

 

“yaaah… tereliminasi deh dia”

 

 

Hanum bergegas beranjak dari duduknya. Dan keluar rumah. Meludah. Sementara aku, Sondang, Suwasti, Aya  dan Pak Sardi *orang Cibeo, yang rumahnya kami inapi* terkekeh-kekeh karena geli.

 

 

Oiya. Ada juga beberapa penduduk Cibeo yang duduk di hadapan kami. The smiling face salah satunya. *ini sih, nama baru pemberian Sondang buat salah satu penduduk Cibeo yang hobinya selalu tersenyum itu. Keren aja. Seperti punya nama Indian*

 

 

Dalam ruangan yang hanya diterangi lampu minyak. Aku nyaris menjerit melihat rupa teman-temanku yang nyengir dengan gigi dan lidah bersimbah warna merah darah.

 

 

*ehm.. termasuk aku sih sebenernya. Tapi kan nggak mungkin toh pinjem kaca hanya untuk ngeliat tampangku saat itu.. J ini pernyataan penting nggak seeh?*

 

 

Oh.. belum nyambung yah? Ini lho. Kami lagi adu nyali makan daun sirih.

 

 

 Yang meraciknya sih pak Sardi. Jadi, daun sirih di oles dengan kapur *sudah dibuat seperti pasta* di taburi gambir *sudah berbentuk powder padat batangan. warnanya orange* dan diberi potongan pinang.

 

 

Pada prinsipnya sih, sama seperti ritual nenek-nenek kita dulu makan sirih. Jadi kami terapkan aja disini. Sambil nyirih dan sambil ngegossip tentunya. Huehehehe…..sambil bersosialita getuuuuh…

 

 

Setelah mandi di pancuran *ada tempat private di seberang jembatan* Semula sih pengen mandi di sungai. Tapi ternyata rame beneeeeer… ada 50 anak sma yang juga bermalam disini. Doh!

 

 

Kami mulai memasak. Malam itu, master cheef kami *jeng Suwasti* menggelar menu andalannya : tumis cumi asin cabe hijau, sayur sop lengkap, tempe goreng tepung dan tentunya nasi hangat mengepul dari hasil panen sawah Pak Sardi.

 

 

Sekitar pukul 10 kami sudah berbaris rapi tidur di rumah pak Sardi. Tipologi rumah baduy, didalamnya hanya ada 2 ruangan. Satu ruang utama, dan satu ruang kecil tempat tungku kayu untuk memasak. Biasanya sih, mereka tidur disini. Karena ruangannya relatif hangat akibat bara api yang ditinggalkan bekas masak.

 

 

Aku, suwasti, Aya, Sondang dan Hanum menggelar sleeping bag dan sarung bag masing-masing. Taufan menginap di rumah lain yang ada di ujung kampung, dekat alun–alun cibeo *nggak inget dimana. Masuk ke salah satu gang kayaknya*

 

Malam itu kami tertidur pulas.. las.. lassss… hanya sekali aku terbangun jam tiga subuh. Itu karena menggigil kedinginan. *buru-buru pake jaket* eh.. satu lagi ding. Gara-gara suwasti yang tidur disampingku rupanya mimpi jadi pemain silat.

 

 

 

Akibatnya, ketika pagi hari, tubuhku yang sekseh ini sudah ditemukan pasrah terlentang  seperti cicak-cicak  di dinding  J

 

 

Kasian amat ya jadi cicak. Terus gimana selanjutnya? Besok deeh..

 

serpong 8 juli 08 (udah masaak..)


kisah selanjutnya silakan klik aja disini : TOUR De KAMPOENG Huh...kejaaam

14 comments:

Emma ɐɯɯǝ said...

kapan ya ...trip barengan mba ariesna.....hiks...

rachma safitri said...

besok-besok ajak saya ya mbak..

a riesnawaty said...

iyaaaa..iyaaaa....mbak Fitriii...

a riesnawaty said...

hiks.. kapaaaan juga yaa... trip bareng Emmaaa... :(

theresa jackson said...

Makan sirih??? Wah? Kisahnya menarik n foto2nya keren!

Irfan Yusuf said...

itu suwasti lompat2 gara2 makan sirih? hehehe

a riesnawaty said...

pesan sponsoooor..*

mlaku mlaku ambar said...

swasti pendekar ranah baduy *keren ngga sey*

Wiwiek Sulistyowati said...

he..he..he.. jadi inget waktu mandi di sungai itu, sembunyi2 ditutupin pake sarung :)

a riesnawaty said...

tengkyuuuh mbak TJ..

a riesnawaty said...

setojoooooh...

suwasti dewi said...

makan sirih bareng lagi yukkk....
kayak drakula ngisep darah...eeeirrrrggghhhhh

suwasti dewi said...

hihihihihiiiii... malu....

a riesnawaty said...

rrrrrrrrrr.......

 
;