Friday, October 21, 2011

Dear all, I’m wearing hijab now

Saya? Pakai kerudung? Ah.. sepertinya bukan saya banget deh. Saya yang sholatnya masih bolong-bolong. Saya yang amat gemar bercelana pendek, saya yang tergila-gila dengan kolam renang dan saya yang selalu ngumpet kalau diajak ibu-ibu pergi ke pengajian. Saya tahu itu wajib, tapi saya ‘menutup’ mata dan telinga. Selalu saya tunda-tunda. Saya sibuk dengan dunia. 

Lalu tiba-tiba saja sebulan lalu saya memakai kerudung. Banyak yang bilang, saya berkerudung karena baru pulang dari Aceh. Tidak salah juga sih, pencetusnya memang dari Aceh. Tapi sebenarnya sudah dimulai sejak berminggu-minggu sebelumnya. Ada dua alasan yang agak cupu juga kalau dipikir-pikir. 

Pertama, karena adik perempuan saya.  Awal ramadhan lalu adik saya mulai memakai kerudung. Ah, saat itu hati saya dilanda rasa iri. Tapi jujur, saya memang tidak punya keberanian.  

Lalu entah mengapa juga pada saat itu saya ingin sekali menamatkan bacaan Al Quran saya. –yang  nggak pernah khatam - mulai membuka kembali buku-buku tentang agama, jadi senang  menonton ceramah di tv, dan memperhatikan orang-orang yang memakai kerudung. Cantik juga.  Saya seperti diingatkan kembali keinginan di hati kecil saya sejak awal saya menikah dulu. Saya akan memakai kerudung. 

Kemudian ada alasan yang kedua, yaitu karena Saipul Jamil. Lho? Bang Ipul? 

Saya ingat. Siang itu di tv ada berita kecelakaan di tol Cipularang. Mobil yang dikemudikan bang Ipul, terbalik di km 97. Virginia –istrinya- tewas seketika. Apa karena istrinya bang Ipul penyebabnya? Ya, dia penyebabnya. Saya juga iri kepadanya. Banyak yang bilang, kalau meninggal di usia muda itu tandanya Allah sangat sayang padanya. Itu bukan berarti saya ingin mati muda ya  tapi yang menarik perhatian saya adalah Virginia ini berhijab setelah ia menikah dengan bang Ipul. 

Lalu tiba-tiba hati saya dilanda ketakutan. Ya Tuhan. Saya tidak mau mati dalam keadaan seperti ini. Saya belum siap. Dan berkelebatlah beberapa teman yang meninggal di usia muda. Rifi, karena kanker,  lalu melly karena kecelakaan sepeda motor. 

Saat itu kepala saya rasanya ditampar. Saya nggak mau mati dalam keadaan seperti ini. 

Saya ingat betul waktu itu. Pagi hari ketika tiba di banda Aceh, untuk alasan sopan santun karena saya datang di daerah yang menggunakan syariat Islam, pashmina yang sering saya bawa, saya sampirkan di kepala menjadi kerudung. Lalu yang awalnya saya gunakan sekedarnya berubah menjadi sebenarnya. Dan satu-satunya manset (kaos tangan hingga pangkal lengan) yang saya bawa –kadang-kadang saya pakai, karena takut lengan hitam terbakar matahari- menjadi pelengkap kostum saya selama berkeliling Aceh. Ya tentu saja, karena semua pakaian yang saya bawa, berlengan pendek.

Sungguh, tak seorang pun yang menyuruh saya. Tidak suami saya, tidak juga ibu atau ayah saya. Bahkan adik saya pun tak mengeluarkan sepatah katapun. Pun teman-teman di lingkungan terdekat saya. Ika –ini teman seperjalanan saya waktu itu- hanya berucap Alhamdulillah ketika sekilas saya bilang, mulai sekarang saya akan memakai kerudung. Suami saya malah berkaca-kaca ketika saya minta ijin untuk memakai kerudung. Dia tahu kalau saya keras kepala 

Maka terhitung sejak tanggal 4 September 2011. Akan saya ingat sebagai salah satu momen penting dalam hidup saya. Ini lompatan terbesar saya. Dan saya senang karena saya tak pernah ragu untuk melakukannya. Hanya ada satu yang saya sesali. Kenapa tidak saya lakukan dari dulu. 

Semoga dengan dua alasan ‘tak penting’ itu, akan selalu mengingatkan saya agar saya tetap istiqomah. Dan saya selalu berdoa bagi teman-teman yang lain yang belum berhijab, semoga hidayah segera datang. Karena saya yakin bahwa sebenarnya hati mereka telah berniat. Seperti saya dulu. Semoga saya bisa menjaga amanah ini.  Dan menjadi pembuka jalan bagi saya untuk mendekatkan diri pada Allah. Saya mulai belajar lagi dari nol. Seperti hari yang fitri ini, saya akan mulai lembaran yang baru. 

Saya akan restart lagi dari awal. 

Amin..

BTR, 21 Oktober 2011, 09.41 (foto diatas diambil tadi pagi, sebelum yayangku berangkat ke kantor)

23 comments:

Tian OT said...

barakallah. :)

fita kurniawati said...

barakallahu.. alhamdulillaaaah..di mulai dari nol yaah.. ^^ *ala mba2 SPBU yg pasti-pasti aja

a riesnawaty said...

amiiiin... makasih mas...

a riesnawaty said...

amiiiin..... *makasih fita cuaanteek*

emil emierdhynie said...

Alhamdulillah.. :)

Suparka S Raksapradja said...

Alhamdulillah'hirabbil allamien, ..........

a riesnawaty said...

amiiiiin....tengkyu mas emil.. tengkyu Ki...:)

armin bell said...

Saya sungguh salut. Setiap hal memang terjadi dengan alasan yang kadang kecil tetapi justru berakibat sangat besar.
Selamat ya mbak.. Puji Tuhan

a riesnawaty said...

makasih kaka Armin. Saya setuju sekali. Satu hal yang sepertinya kecil akan membawa ke hal lain yang jauh lebih besar.

anna sie said...

Subhanallah...mudah2an saya juga menyusul ! amiin...

a riesnawaty said...

amiiiiin... didoakan selalu mbak..:)

Imas Nasution said...

yuhuu....cantik euy :)
kt lgsg ke tanah abang & thamrin city aja yuk ris, update jilbab model terbaru :D

a riesnawaty said...

ah.. telat Mas... aku kemaren ke bandung, baru dari pasar baru. Hahaha.. sharing sama si mamah beli kerudung satu kodi. ampuuun daah!

trully handayani said...

wah.. selamat ya.. Semoga istiqomah :)

a riesnawaty said...

amiiiiin.. makasiiih lho..

seruni wardhani said...

Selamat ya,pengalamannya ampir mirip ama saya,hehe

seruni wardhani said...

Selamat ya,pengalamannya ampir mirip ama saya,hehe

a riesnawaty said...

oh ya? wah.. selamat jg untuk mbak seruni.
btw.. makasih udah mampir ya..

jenny irma said...

siiiip Ries...jadi cantiiiiikkkk....ga ganteng lageee.....hijab luar dalam yaaaah....tetep naik gng kan

a riesnawaty said...

teteeeeeup dong Jeeeeeeeen.... kapan? yuk kita raund-raund lagiiii!

a riesnawaty said...

teteeeeeup dong Jeeeeeeeen.... kapan? yuk kita raund-raund lagiiii!

L1n4 only said...

Alhamdulillah, menyentuh banget mbak,,,, mudah2an Alloh selalu memberi keteguhan iman buat mbak aries.. dan yang kawan2 lain yang telah terinspirasi dengan kisah mbak aris.. :)

a riesnawaty said...

amiiiiiin..... amiiiiiiin........ :)

 
;