Tuesday, April 29, 2008

Apa kamu mau mpus KOKO jadi gelandangan?

“Apa kamu mau mpus KOKO jadi gelandangan?” omel saya berang.

Mpus Mboy duduk tegak di dekat kaki saya. Saat itu saya sedang marah. Sambil mencuci piring, sesekali saya menoleh ke samping. Mpus mboy menegakkan salah satu telinganya. Matanya yang bak bulan sabit itu menengadah ke atas. Memandang saya. Penuh rasa bersalah.


Saat itu sudah gelap. Adzan magrib baru saja usai. Hanya ada saya dan Mpus Mboy di belakang. Sementara itu, tidak jauh dari situ, KOKO dengan lahapnya menghabiskan jatah makan malamnya.

Ini pasti gara-gara survival lesson-nya mpus Mboy tempo hari. (selengkapnya ada disini ….)

“Kami semua tahu Mboy, kalau kamu bisa naek pager belakang!” lanjut saya lagi.

Tapi anak-anakmu belum tentuuuuuuh” kali ini suara saya jauh lebih lunak.

Lho? Ada apa dengan si Mboy? Dengan KOKO?

Begini ceritanya. Kisah ini bermula ketika acara ritual makan malam mereka baru saja digelar. Sementara makanan saya siapkan, ekor mata saya masih dapat melirik bahwa ketiga kucing mungil ini meniru polah induknya tadi pagi.

Pagi tadi mpus Mboy melompat hingga batas tembok setinggi 1,5 meter. Bertumpu pada om gajah *patung batu ganesha* dan naik hingga tembok.

Kadang-kadang hanya duduk diam memandang kapling kosong yang ada di belakang rumah. tapi lebih sering sih berjalan mundur dan naik memanjat teralis besi yang ada diatas tembok. Dan kemudian.. hup! Melompat hingga atap tetangga sebelah.

Dan tadi ketiga unyil ini –MIMIN, KIKI dan KOKO- dengan semangat nan membara ikut melompat naik meniru induknya.

Benar dugaan saya. Ketika piring makanan saya letakkan. Hanya mpus KOKO yang tak ada di tempat. Sayup-sayup terdengar miau-miau kecil tanda panik dari balik tembok.

Semenit. Dua menit. Saya tunggu. Semoga ia menemukan jalan kembali ke rumah. Sebel, karena si Mboy lebih memilih piring makanannya dibanding mencari anaknya. Lagi-lagi saya yang harus turun tangan. Huh!

Saya bergegas berganti pakaian, memakai sandal. Mengunci pintu. Dan berjalan hampir satu blok jauhnya. Suasana di luar sepi. Pasti semua orang sudah masuk ke dalam rumah. Matahari sudah tenggelam. Cahayanya remang-remang.

Saya berdiri di tepian kapling kosong itu. Jauh dibelakang warna kuning cahaya lampu belakang rumah saya menembus jajaran bambu.


Nyaris surut semangat saya. Membayangkan harus mengarungi lautan ilalang setinggi betis. Membayangkan binatang melata yang mungkin menghuni tempat ini.  Dan juga makhluk-makhlus halus lainnya yang sedang nongkrong disini. *ini magrib. Remember? *

Lima menit kemudian.

Dalam keremangan malam. Sambil menggendong KOKO, saya berjalan terpincang-pincang menuju rumah. Sendal saya hilang satu. Waktu tadi terjeblos parit di ujung kapling kosong itu. Untung tadi sudah gelap. Jadi nggak harus membalas dan menjawab tatapan heran ibu-ibu yang melihat saya hanya memakai sebelah sandal ..hihihihi..

Ah… . demi si KOKO. 

Saya penasaran. Apakah kucing punya kemampuan orientasi seperti halnya anjing ya? Apa mereka bisa mencari jalan kembali ke rumah?

 

Serpong 29 April 2008, 15:26 (si KOKO yang bandel ini lagi tidur nyenyak di samping saya)

33 comments:

astri kusuma said...

mbak, cintamu pada empus-empus ini membuat terharu....:)

May Hendrawati said...

Ries, aku pernah baca kalau kucing ga bisa tau arah, mungkin ini salah satu alasan ga ada namanya kucing pemburu yah ..he he sambil ngebayangin mpus mpus mungil berburu celeng di hutan...kayanya anak- anak mpus perlu dikasih pelatihan navigasi darat dan dibekali peta pita ala pramuka :)
btw punya tips mandiin kucing ngga Ries ?

deasy natali said...

ckckck.... some kind of mother ya, mbak si mboy....
huhuhu......... dihukum aja sekali-sekali, mbak.... *wink..*

deasy natali said...

huahahahaha................ perjuangan dan petualangan 5 menit yang seruuuu hanya demi mencari si KOKO.........
hihihihi........ *cekikikan sendiri*

ical saleh said...

mpus ku sayang...mpus ku malang...

*terenyuh hati ku*

a riesnawaty said...

harus dibiasain dari kecil May. dibuat senyaman mungkin. kalo udah biasa, mereka bakal rileks. periksa dulu, apa ada bagian tubuhnya yang luka. pake air hangat/dingin. pake shampo yang mild. pelan-pelan disabunin deh badannya. tapi jangan sampe shamponya kena mata ya. kan perih. ;) setelah itu dibersihkan dengan air. baru deh, dikeringkan dengan handuk. kalo matahari cerah, biasanya saya ajak berjemur.

detailnya lihat kesini aja May. banyak tips2 yang menarik

http://www.kucingkita.com/modules.php?name=Sections&op=viewarticle&artid=38

*apa mereka aku bekalin GPS aja ya ? hahaha..*

nefransjah :) said...

bisa, kucing gue yang nggak pernah keluar bisa pulang setelah nyasar 3 km dari rumah.

mungkin koko nggak punya motivasi aja.. :p

a riesnawaty said...

udah, deas.. diomelin aja...:)

a riesnawaty said...

koko kan masih kecil neeef....

krisna diantha said...

meong-meong...punya bos yang cantik kok malah mau mbambung yo

a riesnawaty said...

the truth is.... itu sendalnya MJ... huehehehe....

a riesnawaty said...

hiks!

a riesnawaty said...

denger tuh mpus. apa kata mas krisna..

Yohanes Sugianto said...

Aduh, aku jadi teringat masa mudaku dengan selusin kucing lebih. Paling seru kalau jam makan. Sekarang sudah tak ada satu pun.

wienda parwitasari said...

jadi inget jaman kucingku ilang, aku selalu mencari sampai 300 meter dan bertanya ke tetangga sekitar, kiranya mereka melihat kucing kesayanganku, seisi rumah pun ikut mencari. kalo udah sayang rasa kasihan pun selalu mengiringi

May Hendrawati said...

asik..makasih ya Ries, berarti jadwal besok mandiin kucing...tadinya udah pengen beli hair dryer buat ngeringin, tapi kayanya berjemur bersama juga cukup ya Ries..sekarang aku dah ada kucing Ries, dikasi ma temen he he...

mpus mpus dipasangin detektor pengirim signal, di rumah pasang screen yang bisa ngelacak mereka..jadinya ketauan ada dimana Ries, kaya taksi2 itu lho :D

L Tjahjono said...

Kecil lari kebirit2 denger herdreyer mbak :D

deni dotten said...

hihi... baru baca ini, ada2 aja si mpus nih.
jadi pengen maen bsd, udh lama jaket ga dipenuhin bulu2 si mpus bsd :D

Pradana Tomy said...

sudah...sate saja si Mboy...
wuikikikik...
*wuuuzzz...clink..!*

a riesnawaty said...

kamu yang pake hairdryer? . *hihihi.. kabuuuuurrrrrr*

a riesnawaty said...

iya. dibela-belain deh... :) udah terlanjur sayang sih. susaaaah...

a riesnawaty said...

iya nih Den.. udah lama nggak mampir. sibuk ya?

a riesnawaty said...

uik..uikk...!

a riesnawaty said...

kadang2 stres juga mas Yo..:)

Rumah Evan said...

kucing ada kompasnya mb .. kucingku pernah disekolahin ma papa ke rumah sakit pas aku masih kecil ..eh dua malam kemudian dah tiba di rumah, padahal jauh loh rumah sakitnya

a riesnawaty said...

oh gitu ya? kayaknya juga gitu. kemaren kan si KOKO ngilang lagi. tapi ajaibnya kok bisa pulang juga ya... mungkin saya nggak boleh terlalu over protective kali yaaa...

Rumah Evan said...

sebenernya hewan hewan begitu, kalo mereka sudah settle down , maka inderanya bakal bawa mereka kembali ke tempat lahir mereka. kalo ga bisa balik , biasanya faktor eksternal. paling sering di ambil orang atau ketabrak pas mo nyebrang jalan raya :(

a riesnawaty said...

duh.. sedih ya kalo udah gitu...

riko ajah said...

mbak ceritanya ada yang aku share ke blog ku, biar gampang kalo aku mo cari blognya mbak, ga papa kan..

riko ajah said...

aku ada cerita juga, dulu aku punya kucing namanya susi.. dia paling suka tidur di loteng rumah. kebetulan emang ada tangga yang langsung ke loteng..
seperti kebiasaanya kalo mo tidur dia dengan PD nya berlari dari luar langsung lompat kemeja dan diteruskan dengan lompatan menuju tangga dengan gerakan cepat tanpa permisi kalo di itung2 cm 3 detik dia udah nyampe..begitu terus setiap hari, suatu ketika tangga itu di pindahin ama bokap karena mo dipake beltulin genteng....( salah bokap juga ga bilang2 ama susi kalo tangganya dipindahin ) seperti biasa dengan PD nya berlari melompat ke atas meja dan setelah itu dengan posisi siap melompat..dia terdiam...tatapan penuh keraguan...( apa salah rumah ya..pikirnya ) masih dengan posisi siap lompat..dia memperhatikan sekelilingnya seolah bertanya...kemana tangga ku...al hasil dia tidur di atas meja....

riko ajah said...

adikku perlu gw kasih tau MP nya si mbak nih...

a riesnawaty said...

monggo silakan mas Riko. di add aja jadi contact. jadi pasti nggak akan ketinggalan berita2 ttg empus.

a riesnawaty said...

kompor dinyalakan.. dudududu...

 
;