Saturday, August 12, 2006

Raung episode : Nyasar!!!

(diceritakan ulang, peristiwanya terjadi 5-7 Mei 2005 lalu.. pengalaman tak terlupakan bersama Jenny, Ika, Kris, dan Heri ...)

Minggu lalu, seperti biasa kalo ketemu dengan harpitnas.... Kami berlima [saya, Ika, Jenny, Kris dan Heri] penasaran pengen berkunjung ke Raung... Yang lokasinya ..jauh..uh...uh... di ujung pulau Jawa. Rencana, sebenarnya sudah disusun jauh hari sebelumnya. Sekaligus agenda tambahan, pengen dateng ke acara mantenannya Masnur di Malang pas tgl 8 Mei lalu. Maka.... Inilah, secuplik kisah perjalanan kami.

“D’oh!” *Homer simpson style* batinku. “Nyasar!!!”

Sendirian. Sisa air hanya tinggal dua tegukan lagi, plus sebatang coklat di dalam tas berikut keril segede kulkas yang rasanya bertambah berat saja.

situasi : dalam perjalanan turun. Karena ngebut..but..but… lari, jalan cepat, gedubrak* hihihi..yang ini jatuh* dan lari lagi. Hal ini berlangsung terus sejak Pos Pondok Angin. Walhasil, kami semua berjalan terpisah satu sama lain

Hari itu sudah mulai gelap. Baru sadar. Kayaknya, kemaren nggak lewat sini deh. Emang, sejak 5 menit yang lalu, aku juga sudah merasa aneh. Dari hutan pinus yang rapat, lho kok malah menjadi kebun? Malah tadi sempet lewat rumah ladang penduduk dan sekarang justru bertemu dengan jalan umum berbatu. Yang aku yakin sekali kalau diterusin…. Pasti bakal nyambung ke base camp pendakian gn. Raung di pesanggrahan, ds. Sumber Wringin.

Mengapa tidak diteruskan saja saudara-saudara ? *tanya penonton* sabaar… sabar ….itu karena tak lain dan tak bukan, kagak tau arahnya euy! He..he.. Yang aku tahu hanya belok kanan atau kiri…hi..hi…

“huuuaaaaaaaaaaaaaa!!!”

Kompas nggak megang, sempritan hanya tinggal kenangan… mau tanya orang? Nggak ada sama sekali. “Jangan panik” batinku. Hanya ada satu jalan.

Balik arah !!!

Begitu aku berbalik, “Uh ! tanjakan lagi, Maan!” Ini dia yang bikin males. Sementara baju sudah dari tadi basah oleh keringat. Pelan-pelan aku berjalan. Seekor anjing *yang demi Tuhan, entah dari mana datangnya* Tiba-tiba muncul. Menyapaku singkat “guk!” dan berlari membuka jalan. Melewati lagi ladang. Melewati lagi hutan pinus yang gundul akibat baru dibuka oleh penduduk.

Hingga tiba di rumah ladang. Syukur deh.. ternyata ada seorang ibu yang baik hati. Beginilah nasib akibat tidak bisa berbahasa setempat [catatan : bahasa jawa]. Komunikasi antara kami berdua [dan seekor anjing tadi, yang ternyata milik si ibu] kami lakukan dengan bahasa masing-masing.

Untuk memudahkan pembaca, lagi-lagi terpaksa saya terjemahkan bebas sesuai interpretasi saya pada saat catper ini ditulis.

saya *panic style* : “ Ibu .. tau nggak, biasanya kalo mau ndaki …startnya dari mana ?” [setelah itu aku menyesali diri, ini pertanyaan bodoh! …]

Ibu *bingung style* : @#^%&(*)*()*&^^&%^&!q#

It’s me again *sekarang lebih terkendali* :“ Ibu .. boleh saya minta air? “

Ibu *nyengir*& : “@#^%&(*)*()*&^^&%^&!q#” [dan mengambil botol airku. Mengisinya penuh-penuh]

saya *ikut-ikutan nyengir* :“Kalo ketemu dengan orang seperti saya [ehem.. ehem….] tolong bilangin kalo saya balik lagi “ [dan tetap sangsi, apa perlu saya menulis surat wasiat?]

Ibu *dan murung* : “@#^%&(*)*()*&^^&%^&!q#”

saya *bingung* : “Artinya bu?”

Ibu *tetap murung* : “@#^%& nggak takut?” [sambil menunjuk-nunjuk kearah sana]

saya *lha? Bisa bahasa Indonesia toh?* : “Maksudnya, apa nggak takut jalan sendirian?” memandang sekeliling, memang sudah mulai remang-remang. Si ibu mengangguk dengan semangat.

saya lagi *turut semangat* :” Yaaa.. takuuuut! .. tapi, saya jalan aja deh. Mumpung masih sedikit terang. Mungkin saya udah ditunggu temen-temen nih Bu.”

Ibu *tetap murung* : “@#^%& tidur disini aja”

saya *berusaha untuk tidak murung dan tetap nyengir* :”Makasih ya Buuu. Tapi, saya udah janji. Pulang bareng sama temen-temen”

Aku pun meneruskan perjalanan. Beneran, masuk ke hutan pinus lagi. Dan bertambah gelap. Uh! Hajar terus. Nggak sampai 15 menit, aku sudah tiba kembali di jalur semula. Meletakkan keril dan membongkarnya untuk mengambil senter. Tiba-tiba, ada suara derap sepatu orang berlari mendekat. Dengan headlamp di kepala, siapa lagi kalau bukan Kris.

Kejadiannya begitu singkatnya.

saya : “Kris? Lagi nyari siapa?” *padahal, sungguh mati! Aku sih udah ke ge er –an. Pasti lagi nyari aku*

Kris [nyaris pingsan] : “Yaaa .. ampuuuuunnn!” *dan berbalik arah; berlari kembali ke arah semula*

Saya [bingung mode on] :”Lho ? Kok lari ? Idiiih…. Apa dia takut ya?”

Sayup-sayup aku dengar Kris berteriak …”Wooooiii..! Udah ketemuuuu!!!”

Setelah itu. Kejadian terlalu cepat untuk dicatat disini. Kris mengangkut kerilku. Aku udah nggak sabar pengen cerita. Dengan kejam Kris hanya menyahut sambil menepuk-nepuk bahuku.

“Laen kali, kalo mau nyasar, berdua dong… jangan sendiriaaaan”

Ika dan Heri menyambut kami berdua. Kemudian kami berempat berpelukan ala teletubbies *catatan: sedang Jenny menunggu kami di batas pinus*

Happy ending? Not so faaaaast!

Jenny [tampang cool]: “Tadi ketemu Ika nggak sih? Bukannya kalian jalan bareng?”

saya [tampang lega, karena udah nyampe]: “enggak tuh. Nggak ketemu siapa-siapa. “

Jenny [wajahnya memucat] : “Lho ? kalo gitu .. yang tadi siapa dong?”

Semua memasang telinga… *he..he… iyalah … telinganya masih lengkap kok*

Menghentikan aktifitas masing-masing dan tekun mendengarkan tanya jawab antara aku dan Jenny. Beginilah ceritanya.

Versi Jenny :

Dalam perjalanan turun. Setelah pertigaan gn. Suket - Raung. Kami mulai jalan. Heri dan Ika duluan. Trus gw nyusul. Aries, dan Kris masih di pos. [ngemil] Ditengah perjalanan, Aries menyusul. Gw membuka jalan. Biar dia duluan aja. Dia bilang. "Jen... duluan yaaa? hati-hati!"

Beberapa puluh meter setelah Aries melewati gw, gw lihat dia berhenti di depan sebuah pohon besar. Mendadak ada orang muncul dari situ. Perkiraan gw sih, orang itu adalah Ika. Terus mereka berdua terlibat pembicaraan seru. Kemudian, mereka berdua berjalan bersama-sama. Gw berusaha nyusul,tapi nggak kekejar.

Versi aries :

Setelah kenyang *menghabiskan satu jungle juice dan sekantong kacang bali* Dari pertigaan gn. Suket – Raung aku pamit kepada Kris. Mau duluan dan jalan pelan-pelan. Nggak berapa lama, aku ketemu Jenny. Dengan isyarat, dia persilakan aku buat maju duluan. Setelah itu aku jalan ngebut sambil bernyanyi-nyanyi riang [mengikuti lagu dalam walkman]. Nggak ada perasaan aneh sedikitpun, kecuali sedikit malu akibat pech control yang kurang baik .[he..he..] Dari situ aku jalan terus. *sampe nyasar tadi ..hi..hi…*. Sama sekali nggak ketemu Ika.

Pertanyaanya -daftar dibawah ini muncul setelah kami melewati perenungan yang cukup mendalam-

[1] Siapakah yang dilihat Jenny ?
[2] apakah aku bener-bener ngelewatin Jenny ?
[3] apakah  Jenny yang aku lewati tadi?
[4] apakah itu Jenny?
[5] apakah itu aku?

[6] apakah itu Ika?

Akibatnya bisa ditebak, begitu mendengar penuturan kami berdua, wajah yang lain pucat satu demi satu. *dan saling melirik kaki masing-masing …. Huaaa…napak ke tanah nggak yaaa?*

Happy ending? Yup! Sekarang boleh dibilang begitu. Magrib itu kami semua sudah duduk dengan manis dalam bak belakang pick up yang menjemput kami. Senangnya, sebentar lagi akan tiba di base camp pendakian Raung di Pesanggrahan.

Setiap akibat, mungkin ada sebabnya *atau sebaliknya ya?* Setiap dari kami, menyimpan beribu pertanyaan didalam benak masing-masing. Setiap dari kami berdialog pula dengan dirinya masing-masing.

Tentu, ada seribu pelajaran yang bisa dipetik…hmmmmmm………………..

Serpong, 16 Mei 2005

Tambahan :

(1)    Base camp pendakian gn. Raung. Silakan kontak sekretariat Kelompok Pemandu Wisata Gunung Raung [Pesanggrahan]

Attn : Bapak Solikhin/ Ibu Parman
Kecamatan Sumber Wringin
Jl. Gunung Raung No. 45
Bondowoso 68287
telp [62-332] 321 287- 321 305

(2)    biaya pemandu sifatnya borongan, untuk sekali antar tarif @ Rp 150.000; souvenir di Pesanggrahan : tshirt rp35.000, stiker rp1500, badge rp5000 dapat dicarikan pick up maupun carteran kendaraan to bondowoso, surabaya, atau malang.

(3)    Buat temen2 yg hp-nya selalu out of area setiap trekking ke gunung, jangan khawatir... Dari bawah sampe puncak, selalu ada sinyal!

 Foto-foto selengkapnya silakan diteruskan kesini : with Raung uh I'd love to dancin with the sun....

 

36 comments:

Toto ' said...

Wakakaka.....pada ketemu sederek papat ternyata :))

a riesnawaty said...

artinya apa sih To?

*masih nyari sisir...:p*

deni dotten said...

saudara keempat :)

*cerita yg dl terbit satu persatu nih

Pradana Tomy said...

wuih keren yak...bisa ketemu sedulur papat...
salute...

*ngasih applause*

a riesnawaty said...

hiiiiiiiy........seyeeeeeemmmm.....

Toto ' said...

Kalo Deni bukan sedulur papat lagi, tapi sedoso (sepuluh)..hihihi

Samsul Bahri said...

gak usah diseremin mbak'e...tapi dinikmati...hehehehehe

*To...sisirnya jgn dikasihin...biar aja mbak'e Aries tetap kriwil...:)*

Toto ' said...

*lupa kemana gue taruh sisirnya ya ??*

a riesnawaty said...

buhuuuuuuhuuuuu.....

*menangis di pojokan*

Toto ' said...

*nyodorin garpu*

..kok jadi inget mie ya ??? jadi laper :))

Samsul Bahri said...

*ngasih mangkuk plus irisan cabe rawit ke Toto*....

Sisain ya To...

AYa de Ligt-Koetje said...

Iiihhh...seyem banget....satu hal yang Aku takutin kalo naik gunung :-) Karena Aku sensitif banget ama hal-hal beginian.....

Pradana Tomy said...

hmmmm.....
ck...ck...ck.....

L Tjahjono said...

Sweruuu...!! ampe kringetan...

*AC nya nyalain donk neng* :P

a riesnawaty said...

kapan-kapan.. dishare yah Ya...?

a riesnawaty said...

bentaaaar...! Ini mie keriting kan? mie kuahnya masih ada?

*harap-harap cemas*

a riesnawaty said...

coca- cola?

*asyiiik.. dapet jatah coca-cola nih dari Tjjoe*

Pradana Tomy said...

wuih...ampe berlanjut kesini...huehuehuehue....
dasar orang2 gila penuh kreasi...orang2 aneh penuh expresi.....

*nyedot koka kola*

deni dotten said...

jarang2 nih ariesna ikut tim oot lanjut terus :D

Samsul Bahri said...

kayaknya Mbak'e masih penasaran ama sedulur papat om dotten...:)

deni dotten said...

ooo... kpn2 pas ktm tak jelasin deh ries :D

Pradana Tomy said...

tuh...mbah dotten bersedia ngasih kursus private gratis tentang sedulur papat...
bikin seminar sekalian ajah mbah..

*ngebentuk panitia*

deni dotten said...

nggih le, ntar tak bikin seminar... :p

Pradana Tomy said...

n aku pasti dapet free invitation kan mbah...VVIP yah...huehehehehe.....

AYa de Ligt-Koetje said...

Cerita dong Dotten...sedulur papatnya sama persis??? or lebih "berisi" dikit? hehehehe.......

deni dotten said...

boleh, tp tuh helm buat gw ya... :P

deni dotten said...

eittsss... ktm aja susah :p

AYa de Ligt-Koetje said...

Hehehe...iyah yah...kenapa yah susah bgt ketemu Kamu?

deni dotten said...

waduh, jd nggak enak nih sama tetanggan :D

mlaku mlaku ambar said...

udah baca tapi teteup aja ketawa dan kangen tulisan kamu lagi Ries..

krisna diantha said...

tulisan yang indah

a riesnawaty said...

Makasih mas Krisna....
thanks ..Mbaaar.. :-)

Winda Noveriyan said...

Tuhan mudahkan lah jalanku...*berdoa bersungguh2 setelah baca catper*

a riesnawaty said...

*ikutan berdoa*
semoga lancar yaaa...;)

Winda Noveriyan said...

si penakut ini lagi sok berani, mbak ha ha ha

a riesnawaty said...

wuahahahaha....

 
;