Tuesday, November 21, 2006

Pangrango ......Lembah Kasih, lembah Mandalawangi

(reposting catper waktu ke gn. Pangrango,  1-2 Oktober 2005)


 


Cerita ini dimulai sejak awal tahun lalu. Kronologisnya mari sama-sama kita lihat catatan berikut :


 


April 2004


"Pangrango, Ries?"


Tanya Ika. Kami baru saja turun dari Gede. Lagi nangkring di pertigaan Cibodas dan sedang menunggu bis buat lanjut kembali ke Jakarta. Lagi-lagi aku cuma nyengir. Hajar terus!


 


September 2004


Via telpon Ika berkata "Batal!!!!" dan aku pun terjatuh dari kursi " Jalurnya lagi direhab, Ries" tambahnya pula. Dan kami pun beralih ke Plan B.


 


Tahun ini, begitu buku catatan harian Gie beredar, puisinya dibaca dimana-mana, begitu filmnya mulai di putar di bioskop kesayangan masing-masing. Begitu soundtrack film nya beredar di setiap stasiun radio, cd bajakan, dan mendengarnya di setiap perjalananku pulang ngantor. Hmmmm....Akhirnya,


 


September 2005


"Udah didaftarin, mudah-mudahan kali ini kita jadi ke Pangrango, Ries" Ujar Ika lembut. *tumbeeeeeennn feminin. Ika gitu lhoo..*


 


 


Dan inilah kami *setelah mengundang beberapa bintang tamu* bertujuh : saya, Ika, Suwasti, Joe, Kris, Glenn dan Pak Narto bergabung dan berbagi pengalaman dan kisah-kisah seru behind the scene, dan salah satunya adalah ini, dengan bangga saya persembahkan.


 


"Tahaaaaaaannnn!!!!" jerit Suwasti.


Jalannya tersendat dan kemudian terhenti *Freeze mode on* Kakinya membentuk kuda-kuda. Tangannya kanannya terangkat tinggi di udara *dan mengucap motto : sekali di udara tetap di udara* J Dengan kerir 45 liter yang nampak manis di punggungnya ditambah dengan kerudung putih dan t'shirt berwarna orange jeruk yang sangat fashionable. Saat itu, Suwasti nampak kereeeeeeen sekali.


 


Kami bingung dong. Pak Narto yang berjalan didepan, menoleh ke belakang dengan rasa khawatir yang amat sangat tinggi. Ika yang ada di belakang Suwasti, hampir saja menimpanya. Aku menjulurkan leher, melihatnya melewati bahu Ika. Sementara Joe yang ada dibelakangku berbisik-bisik dan bertanya. Glenn dan Kris, masih di belakang sedang memotret apaaa aja yang bisa di potret.


 


Suasana mendadak hening. Air perlahan mengalir, burung pun berhenti berkicau. Matahari tertutup awan. Bahkan angin semilir yang rencananya akan lewat, menunda dulu maksudnya. hingga ......... momen yang dinanti pun tiba :


 


"Duuuuuuuuuuuuuuuutttttt"


 


Gubraaaaaaaks!


Kami yang berjalan beriringan dibelakangnya menyelamatkan diri masing-masing. Ada yang berlindung dibalik pohon, berbalik arah kembali * kalo bisa kembali ke puncak deeeh!* , mencoba berlari sejauh-jauhnya, atau pasrah menahan nafas sepanjang masa dan berharap mimpi buruk itu cepat usai. Ayunan suara yang cukup familiar itu benar-benar mengganggu konsentrasi. Diantara derai tawa dan aktifitas kami masing-masing, Ika balas menjerit :


 


"Ambil jaraaaaaaakkk!" huahahahaha.


 


Sore itu cerah sekali. Kami sedang dalam perjalanan turun kembali menuju Cibodas. Setelah semalam ngecamp di pos Kandang Badak dan bertekad untuk summit attack ke Puncak Pangrango sepagi mungkin J Jalur Cibodas ramai sekali dengan pendaki yang naik maupun turun baik dari gn. Gede maupun gn. Pangrango Umumnya pada bermalam di pos Kandang Badak.


 


Jalur menuju Pangrango relatif bersih, dan bener-bener rapat oleh vegetasi. Senangnya, merasakan kehangatan matahari di sela-sela daun pakis, menghirup semerbak harum pohon dan tanah basah sekaligus mengintip gn. Gede diantara ranting pepohonan. Setelah puncak, kami segera berlari-lari turun menuju lembah Mandalawangi.


 


Walau rencana untuk ngecamp dan bermalam minggu di lembah Mandalawangi hanya tinggal kenangan. *Mungkin lain kali .... Selalu ada next time kan. Betul nggak? * terbayar sudah ketika memandang hamparan bunga edelweiss, dan duduk di lapangan rumput sambil mengamati aliran air jernih yang membelah lembah.


 


I wish, duduk di sebelah Gie dan mendengar suaranya diantara hembusan angin. .......Kabut tipis pun turun pelan-pelan di lembah kasih, lembah mandalawangi.. kau dan aku tegak berdiri melihat hutan-hutan yang menjadi suram meresapi belaian angin yang menjadi dingin ..........................


 


Serpong, 10 Oktober 2005


[begitu turun gunung kemarin, ada berita bom bali. Turut berduka; sekalian met shaum buat temen-temen, ibadah nih, ayooooo.. semangaaat!]


 


foto silakan lihat album berikut : into the darkness of mt. Pangrango


theme song ..hihihi.. kesini aja yah : Donna-donna


 

25 comments:

Dneuva Photography said...

kapan terakhir jelajah gunung ries? masih suka ya?

a riesnawaty said...

tiga bulan yang lalu Pey ...Hiks!

mlaku mlaku ambar said...

ternyata : hikss...sama aja ya kalau urusan belakang....
Dulu kala masih culun ada lomba kencing paling jauh jaraknya (cowok), kentut paling menggelegar (cewek), dan paling miskin (gak bawa apa2 naik gunung kecuali badan dan sendok...loh?)

mlaku mlaku ambar said...

ayukss naik lagi Ries....Chicago ada gunung ngg ya.....*clingukan liat petanya mas google*

Dneuva Photography said...

mending.. gue 3 taun yg lalu kaliii.. Hiks Hiks !

a riesnawaty said...

hahaha... behind the screen ...!
*pendaki kan juga manusia..*

a riesnawaty said...

duh! *sambil ngelirik dengkul ..hehehe*

mlaku mlaku ambar said...

haduh...sama Ries. Gara2 Lawu sekian taon lalu ngepek sampe skrang *sedia salonpas balsem cap macan*

yulianto yin said...

Waoo Pangrango.....Mahameru? Hmmm sudah lama pengen kesana, sayang belum sempat-sempat. oya kalo ga salah ada ttempat yang namanya "kali mayit" ma "arca loro" ya? hmm yang katanya ada patung kasat mata jaman majapahit..?? isu - isu waktu kuliah dulu hehehe.

a riesnawaty said...

Mas Anto ... soal kalimayit? arcaloro? ..ini ngomongin pangrango atau Semeru yak? :D

yulianto yin said...

Ennggg..saya agak "sliwer" akhir-akhir ini hehehehe, jadi wes agak-agak ga nyambung atao malah nyambung kemana-mana......hehehe Semeru ya??

war sure said...

hmm...masih ingat, ke pangrango dulu gak perlu bawa tenda dan sleeping bag. Soale bisa tidur di pondok di sisi barat Lembah Mandalawangi...

a riesnawaty said...

whaduuuuh.... dingin banget tuh Mas .. :-)

war sure said...

udah dingin, ada penampakannya lagi...(kata temen sih..)

a riesnawaty said...

duuuh.. tambah seyeeeeemmmmm.....

Sim Kuring said...

Umm udah lama kaga ngusek-ngusek gubuk eh gunung.
Mau ah.. Desember ada acara Kak, pergi ke gunung?

a riesnawaty said...

desember? aduuh. kayaknya belum balik tuh. Emang, Uta mau kemana?

Sim Kuring said...

Pengen Ke Gede, sukabumi deket ama rumahnya Emmaku, kalo ga ke halimun forest di sana dep.kehut nya kawan-kawan ku, kalo ga ya ke tanjung lesung banten. emmm kapan Kak Aries pulangnya? *sambil menatap lugu*

a riesnawaty said...

oic..sayang waktunya nggak cocok. Padahal, kalo diijinkan, mau gabung nih. Kemungkinan baru balik tahun depan nih dik Uta. *sambih tersenyum haru*

Winda Noveriyan said...

pernah ngalamin kejadian yang sama mbak....
ampuuun temenku gak brenti2 sepanjang jalan kentut termasuk didalam tenda yang kapasitasnya seharusnya 2 orang jadi isi 3 orang.
hadoooooh......bolak/i harus buka tenda ambil udara segar, sedangkan yg buang hajat tetep asik tidur...

a riesnawaty said...

hahahaha.. seruuuuu! sama kayak temenku dulu. sampe ngungsi ke tenda tetangga ...hahahaha.....

Winda Noveriyan said...

masalah terbesar bukan disitu mbak...
temenku dijalan sempet mampir ke warteg dan makan semur jengkol.
Apeeesss.....

a riesnawaty said...

halah! .....
*mau dong semur jengkolnya ... :D*

already rain said...

mau dooong kalo mo naek pangrango lagii ikuuuut dooong....
butuh penyegaran jasmani dan rohani neeeh....
ajak yaak mbak...[muka memelas mode ON] hehehehe

a riesnawaty said...

haha.. yooook!

 
;