Saturday, October 10, 2009

Mas gondrong pemuda dari tamansari




Barangkali tampang kami yang sedikit ‘gagap’ menarik perhatiannya. Begitu motor kami hampir putus asa, berderum perlahan mencari tempat parkir.

Ia duduk di dekat pagar dan memperhatikan kami. Memakai tshirt hitam bergambar kamera dengan sebatang rokok terselip ditangan yang tak kunjung dibakarnya.

Sementara itu si Malih –ini nama motor kami- akhirnya kami parkir di dekat pintu masuk. Tempat parkir motor berkanopi yang letaknya persis di depan loket yang belum juga buka. Padahal sudah pukul setengah sembilan pagi.  Hmm…

Ia segera menarik minat saya. Rambutnya panjang, berminyak dan diikat satu. Matanya redup. Mungkin semalam tidak tidur. Ketika saya tanya namanya, ia hanya bilang :”Panggil saya Gondrong”

Melihat gelagatnya, saya sih sudah menduga. Dia pasti salah satu pemandu tempat ini. Saya sebenarnya nggak begitu suka jalan ditemani guide. Entah mengapa. Mungkin saya nggak begitu suka menjelajah ditemani orang lain. Rasanya imajinasi saya tidak bisa berkembang  tapi ternyata saya salah duga.

Kemudian kami diajak menembus pagar tembok. Merunduk melewati lubang setinggi 1,5 meter. Memutar menembus pemukiman di luar pagar tembok tamansari. Sempat berhenti di warung –mas gondrong mau beli rokok- kami turun menuju lorong bawah tanah. Melewati lorong-lorong sempit, meniti atap dan akhirnya tiba di mesjid yang bentuknya aneh sekali.

Karena terlalu asyik memotret, kadang saya tertinggal di belakang. Ia melirik kamera yang saya tenteng. Dan tiba-tiba saja kamera sudah berpindah tangan. “Kamu berdiri disana!” perintahnya. Hihihi… ini pemandu atau satpam sih?

Padahal, saya bukan tipe orang yang pandai bergaya di depan kamera. Sama seperti ribuan ‘tukang potret’ diluar sana ‘yang pandai memotret tapi tidak pandai untuk dipotret. 

Begitu juga suami saya. Kami pasrah saja mengikuti instruksinya. Tanpa saya sadari saya sudah memanjat tembok tinggi dan melompati pagar demi mendapat angle yang menarik. Baru kali ini saya bertemu pemandu yang juga jago motret.

Tidak saya sangka hasilnya akan seindah ini. Ah… saya harus banyak belajar lagi. Maka dengan segala kerendahan hati, tulisan ini saya tujukan untuk Mas Gondrong.
“Potretmu… kereeeennn sekali Mas  !!!!”

tamansari, jogja 25 september 2009 (salah satu kisah edisi trip tour de Solo akhir September lalu, fotonya mau dicetak ukuran besar dan dipasang di dinding rumah ah..

73 comments:

dwi novi said...

angel nya menggila.... mantab mas gondrong... :D

deasy natali said...

ai laik dis waaaaaannnn.... keyeeeennnn...

deasy natali said...

late prewedding ya mbak ^___^

IKHa IKHa said...

hihhihi...keyen Mbak....*jd terinspirasi buat pre wed d taman sari dg pose gini (nyontek.com)

erpin wijaya said...

lagi nyari layangan mbak ?

suwasti dewi said...

kalau nggak ada Joko nya pasti keren... (hehehehe sorry Joko... abis elu nya kegelapan...).. :D

Wiwiek Sulistyowati said...

wuah, suka yg ini, keyeeeennnn

Wiwiek Sulistyowati said...

komposisinya pas, ciamik

a riesnawaty said...

pujian dari gondrong untuk mas gondrong :p

suwasti dewi said...

Mas Gondrongnya emang gondrong... hehehehe... *jagomaksudnya*

suwasti dewi said...

seneng banget pose mepet tembok... :P

suwasti dewi said...

eehhh...eeehhhh....

Sweet Susan said...

hehehe... sepertinya saya pernah ketemu juga ma mas gondrong ini di taman sari beberapa tahun silam mbak.

astri kusuma said...

yang ini keren mbak..:D

a riesnawaty said...

pujian dari gondrong untuk mas gondrong :p

a riesnawaty said...

pujian dari gondrong untuk mas gondrong :p

Firman - said...

yg ini keren mbak ... warnanya asik

theresa jackson said...

bagus2 fotonya! Asyik kreatif!

a riesnawaty said...

habis ini mau nyuci mobil ..hihihi..

a riesnawaty said...

pujian dari gondrong untuk mas gondrong..
kereeen...

a riesnawaty said...

iya. nggak punya foto prewed..jadinya late prewed deh..

a riesnawaty said...

sayangnya nggak punya alamat email. andaikan ada, pasti dia seneng liat foto jepretannya dipajang disini.

a riesnawaty said...

ai laik it tuuuuh...deas... :)

a riesnawaty said...

tuh kan... sip deh. jadi bisa menginspirasikan mu dek Ika...

a riesnawaty said...

wakakakakakakak...:))

a riesnawaty said...

lagi nyari pesawat yang mau lewat.. lhaaaaah..!

Pilar Pilar said...

Yg ini daku suka hehehe...

Pilar Pilar said...

ehm...ehem..

a riesnawaty said...

iya Wiek.. aku juga suka yg ini.
*atas nama mas gondrong.. aku mengucapkan.. terimakasiiiiiih*

a riesnawaty said...

hihihi...

a riesnawaty said...

betul mbak TJ. yg motretnya kreatif..

a riesnawaty said...

makasih lho mbak astri. *pujiannya saya forward ke mas gondrong*

tjee-pee - said...

Setujuu..mas jokonya merusak Image nich..xixixiii.....Piss :-P

*canda kok mas..nambah2in aja..*

tjee-pee - said...

Manteb banget Framenya mbaa...
Naaah..ini mas joko bagusaan..:-D

tjee-pee - said...

Insya Allaaaaaah....:-) Amiiin.....

tjee-pee - said...

Cantiiiiik.......:-D

tjee-pee - said...

Postweeeeed...:-D

Agam Fatchurrochman said...

Jangan2 mahasiswa fotografi ISI sedang iseng nih? Keren2 fotonya

Anonymous said...

bagossss...., tapi harusnya Joko membelakangi Aris*hehehh

wibowo wibisono said...

wiih... sepatunya mantab kali ...

Emma ɐɯɯǝ said...

post wed photo....xixixixi

Emma ɐɯɯǝ said...

hmmm.....mirip Frida Kahlo di sini yaa??

Emma ɐɯɯǝ said...

gorgeous!

wibowo wibisono said...

boleh juga nih ide nya ...

Emma ɐɯɯǝ said...

emma menyukai semua photo di album ini.....laik dissss :)

L Tjahjono said...

Waaah post wed photo session!

a riesnawaty said...

ai laik dis tuuuuuh... :D

a riesnawaty said...

mbherrrr...

*ngarep*

a riesnawaty said...

saya pikir juga gitu mas agam

a riesnawaty said...

kata joko : grrrrrrh... hihihi...

a riesnawaty said...

hiks.. terharuuh.. makasih buat doanya puuuts..

a riesnawaty said...

post wed photo session yang tidak direncanakan..

a riesnawaty said...

sepatu buat turing ..

a riesnawaty said...

silakan dicopas

a riesnawaty said...

tengkyu Aaaan...

a riesnawaty said...

tersipu

Agam Fatchurrochman said...

bener... keren banget

Agam Fatchurrochman said...

kayak foto mau kawinan pre wedding hehehe

Agam Fatchurrochman said...

simetrinya bagus

Agam Fatchurrochman said...

overexposed, tapi bagus

Winda Noveriyan said...

lightingnya cukup untuk satu orang...

*MJ maap yah, gak maksud apa2 loh* :D :D :D

Winda Noveriyan said...

posenya asiiiik

Winda Noveriyan said...

idem...frammingnya bagus, mbak

Winda Noveriyan said...

tangan MJ kurang mesraaah....

Winda Noveriyan said...

favorite yang ini

Winda Noveriyan said...

keren mbak...kayak 3 dimensi

Winda Noveriyan said...

cuiiit cuiiitttt..........

a riesnawaty said...

iya nih, Win. Hebat bener idenya ya.

a riesnawaty said...

kya..kya...kyaaaaaaa....

a riesnawaty said...

udah dicetak 20R n di frame ..xixixi...

a riesnawaty said...

post wed juga boleh tuh mas..

a riesnawaty said...

sewtuuujuuuuh...

a riesnawaty said...

kwak..kak..kakakak....:-))

 
;