Friday, November 21, 2008

apa kaitan antara pohon, senam taichi dan taman kota ya?

Pernah lihat pohon menteng? pohon bintaro? Beringin Sabre, Meranti, pohon sosis afrika?  Nggak perlu jauh-jauh ke Kebun Raya Bogor. Main-mainlah ke Serpong. Di kawasan tempat saya tinggal saat ini, ada satu tempat yang namanya TAMAN KOTA. Paru-parunya kota BSD. Luasnya sekitar 2,5 Ha.

Yang saya suka disini adalah.. pohonnya banyak sekali.  ada sekitar 60 jenis tanaman dalam 2500 pohon. tempatnya cozy sekali. Ada tempat bermain anak, tempat makan, toilet umum, bangku untuk duduk, dan yang pasti, ada jogging tracknya. Whaaaah….sambil lari sambil lihat-lihat pohon!! *uh...I love it*

Nah, kalau bicara mengenai kegiatan, tempat ini nggak pernah sepi. Contohnya saja : Senam Taichi (seminggu tiga kali) dan senam aerobic (seminggu dua kali) digelar rutin setiap minggunya.

Kemarin pagi, setelah sekian lama akhirnya bisa juga ikutan senam Taichi di taman kota. ini pertama kalinya saya ikut. Akibat telat datang, saya berdiri di barisan belakang  dan dengan gerakan kikuk mengikuti gerakan instruktur. 

“hitungan pertama, tarik nafas mbak. Hitungan kedua, dikeluarkan”  Bapak  bersahaja yang ada di samping kanan memandu saya. *Nyengir* Rasanya, saya peserta termuda hari ini. Di sekeliling saya, oma opa yang umurnya rata-rata sudah berumur diatas 60 tahun, nampak serius mengikuti gerakan yang dicontohkan.

"menggapai rembulaaaaaaaan"
"mendorong ombaaaaaaaaak"

aih.. asyik juga.

Selama kurang lebih satu jam. Akhirnya senam ini selesai sudah. Kami semua bertepuk tangan. *ah.. inget waktu TK* Tshirt saya basah oleh keringat.  Duh! menguras tenaga juga rupanya. Rasanya seperti baru selesai jogging 5 kilometer jauhnya Salut deh dengan komunitas mereka. Walau sudah sepuh, semangat dan staminanya jauh melebihi saya.

Gara-gara senam ini, saya kok jadi berkhayal. Andai tempat seperti ini dibangun lebih banyak lagi. Nggak usah membuat taman seluas monas, senanyan atau menteng. Cukuplah taman kecil di setiap daerah pemukiman.

Saya jarang melihat taman yang benar-benar ‘hidup’ dan dapat berinteraksi langsung dengan warganya seperti tempat ini. Taman kota sekaligus tempat rekreasi, tempat olahraga, kegiatan warga, pendidikan dan paru-paru dan resapan kota. Apa mungkin karena jarang dibangun pemerintah setempat, dan mungkin juga karena mereka  lebih tertarik membangun mall daripada taman.

Tiba-tiba.

“ibu-ibuuuu… bapak-bapaaaak… Sabtu besok , jangan lupa kaosnya dipake yaaa"

(kaos = t shirt seragam)

“iyaaaaa” *deuuu.. kompak ni yeee*

“ biar nggak hilaaang” tersipu-sipu.

 “acaranya, senam pagi bersama, berkunjung ke taman bunga, beli oleh-oleh roti unyil di bogor, dan karaokean sampe puwaaaaas”

“yahooooo!!!” seruan riang terdengar disana-sini.

yaelah, rupanya mau jalan-jalan ke puncak. Sambil tersenyum geli, saya  meninggalkan kerumunan dan meneruskan jalan pagi saya. Apalagi kalau bukan menyapa pohon-pohon yang ada disana. Hmmmm….

Serpong, 21 Nopember 2008 ; 15.34

Info terkait silakan lihat disini :
http://www.bsdcity.com/thecity_csr.aspx)
http://www.serpong.org/2007/12/16/taman-kota-bsd-oase-diakhir-pekan-bersama-keluarga/

10 comments:

begundals kecil . said...

iyah, andai saja banyak dibangun di mana saja :) pengen deh..tiap pagi lari2 ngurusin badan ...

D.K. Wiradiredja said...

jurusnya mirip cerita brama kumbara..hehehehhehe
oma riesna senamnya yang rajin yaaa....

Andreas . said...

yang menyedihkan (atau) menyakitkan, kota satelit jakarta seperti Bekasi malah tidak punya sama sekali paru2 kota
Bogor - ada Kebun Raya meski bayar dan tidak ada kegiatan interaksi
Depok - Hutan kampus UI cukup menarik meski bukan milik pemerintah Depok
Cibubur - bumi perkemahan kali ya?
tapi bagaimana dengan perumahan2 lain
mau buat petisi? dukung bener deh

mlaku mlaku ambar said...

belum mencoba taichi tapi walking dan jogging aja ries...lah dulu ikutan satria nusantara jugak. dua taman samping saya lagi indah, daunnya emas dan merah :)

a riesnawaty said...

indah sekali Mbar....

a riesnawaty said...

iyaaaaa opa Deniiiiii....

a riesnawaty said...

yang paling susah, memotivasi diri biar disiplin n rajiiiiin

a riesnawaty said...

betul mas. padahal, ruang terbuka itu penting banget.

Ayu Ariani said...

senam tai chi di serpong tiap hari apa dan jam berapa? bisa langsung ikutan? pengen nyobain deh...

a riesnawaty said...

langsung dateng aja mbak. jam 6 pagi di taman kota. saya lupa hari apa aja. kayaknya seminggu 3x

 
;