Tuesday, March 04, 2008

Arisan? Ugh!

Ada empat tipe ibu-ibu yang arisan di komplek dimana saya tinggal saat ini.

Tipe pertama
adalah tipe ibu-ibu radio FM yang sejak ia datang hingga acara selesai tak kunjung henti bicara. Selalu saja ada topik hangat yang ditampilkan. Mengeluh tentang biaya sekolah anak-anak. Cerita mengenai suami yang kerjanya ini dan itu hingga kegiatan nengok mertua minggu lalu dikabarkan pula.


Tipe yang kedua adalah tipe ibu-ibu oportunis dan selalu jeli mengamati peluang. Yang datang tepat waktu dan pulang juga selalu tepat waktu. Sudah siap membawa selebaran flyer, dagangan dan cemilan juga usaha sampingan sebagai agen tunggal travel kendaraan. Dan selalu menganggap ibu yang duduk di sebelahnya adalah sebagai pelanggan potensialnya.

 

Tipe yang ketiga adalah tipe ibu-ibu idealis. Mungkin dulunya adalah mantan aktifis kali ya?  ibu-ibu bertipe ini selalu menginginkan perubahan baru yang sifatnya cepat, padat dan instant. Misalnya saja : Ide untuk membuat pos kesehatan, ide membersihkan got setiap minggu bahkan ide kursus kilat memandikan mayat. *halah! Ini bapak2nya aja kali ye*

 

dan terakhir tipe ke empat adalah tipe ibu-ibu pendiam yang duduknya selalu dipojokkan yang diam-diam berharap agar arisan cepat usai dan selalu berdoa agar kali ini gilirannya mendapat arisan.

Dan saya termasuk didalamnya.

Sebenarnya saya bukan termasuk tipe ibu-ibu gaul yang suka ngumpul. Saya nggak suka keramaian.  Apalagi arisan.

Ah… Setiap bentuk tawaran arisan, entah itu berupa uang, barang atau apapun wujudnya. Pasti saya tolak mentah-mentah.  Bulan lalu, saya masih bisa berkelit. Andai saja saya tidak didatangi oleh tetangga sebelah. Dan menawarkan diri untuk menalangi dulu uang iuran arisan.

Diam-diam saya berpikir keras. Keesokan harinya saya berubah pikiran. Nggak ada salahnya saya coba. Minimal saya mendapat updater berita bulanan di komplek ini hehehe… Suami saya menyemangati saya dan mendorong untuk rajin mengikuti kegiatan seperti ini.

“sosialisasi aja. Nggak usah setiap kali dateng. Kalo nggak mau ya nggak usah dateng. “

Bener juga.

Maka sore itu, duduklah saya dengan manisnya. Mengamati ibu-ibu disekitar. Cengar-cengir dan ngobrol sekadarnya. Dan berharap agar kali ini nama sayalah yang muncul sebagai pemenang arisan.

Puncak acaranya tentu saja acara undian pemenang arisan. Peraturannya sudah jelas. Bila namanya muncul tapi yang bersangkutan tidak hadir secara life saat itu, maka gulungan kertas itu kembali masuk ke dalam gelas dan mulai di kocok lagi dari awal.

Maka ketika ada satu nama disebut dan orangnya nggak nongol.

“alhamdulillaaaaaaaaaah……. !!!!!” seru lega ibu-ibu yang duduk di samping kanan dan kiri saya. 

Yaolooooo…. Ternyata nggak cuma saya seorang. 



Serpong 4 maret 2008 14.31 (kemaren nggak dapet menang arisan. Ini kutipan ibu bijak yang rumahnya berjarak dua rumah dari tempat kami : ”Kalo diarep-arep biasanya malah ndak dapet tuh,mbaaaak!” “hiyaaaaaaaaaa….” balas saya dengan gemas)

36 comments:

mas opang said...

heheheee.............yang gak dateng = diskualifikasi ! :-))

dulu waktu masih ngontrak...juga geto, arisan bapak-bapak. :-D

Emma ɐɯɯǝ said...

Kalo arisan di puncak gunung mau ngga? xixixixi....

mas opang said...

Yuuuwks...kapan ?? Arisan Mie Instan ajah kali yah Jeng ! :-p

Emma ɐɯɯǝ said...

ke cikuray yuk ...hihihi,,,,eh ada yang nawarin pelatihan canyoning nih mau?

a riesnawaty said...

huehehe.. arisan bapak-bapaaak....

a riesnawaty said...

maaaaauuuuuuuuu....

*saya orangnya mau-an nih Emma.. susah deeeeh*

Wiwiek Sulistyowati said...

Ini mah kalimat hiburan aja, padahal mah tiap kali dtg arisan pasti ngarep deh, ikutan dunks arisan di gunung :))

Imas Nasution said...

satu lagi yang nyebelin soal arisan.
kalo kita dah dapat duluan rasanya pengen berenti deh, berasa luamaaaa banget kan abisnya :D

rahma alizhra said...

ya ampun mba, kok persis banget sih... aku ntar malem juga diundang arisan ibu2 rt, secara baru alih profesi dari karang taruna ke ibu2 rt... ;-p and thanks GOD acaranya hari kerja, jadi ada alesan g bisa dateng karena pulang kantornya malem banget. Kalo acaranya digelar pas weekend? ya cari alesan lain... hihihi...

dhanis wanardi said...

mbak, Ikutan dwoong kalo mo bikin arisan... :) iyyuuuuwkkkks...

rahma alizhra said...

mo nambahin biar jadi 2 : ibu2 selalu komentar soal makanan....
"wah...kalo di rumah bu anu makanannya anu lho..."
"kok g disediain kantong plastik sih?"
"bu anu, arisan di rumah ibu bulan depan, masak anu aja ya...."
bla...bla...bla....

elis widen said...

hihihihihi .....

yulianto yin said...

walaaah..serem beneeer hahaha

Emma ɐɯɯǝ said...

wah ...kak ayis minat juga? beneran nih...ntar deh emma tanyain dulu yah infonya biar jelas...hehehe.....

Agam Fatchurrochman said...

Sudah lengkap nih jadi tante2: ikut arisa, miara kucing, nonton infotainer he..he..he..

tembang pribumi said...

Ikut arisan??Mimpi buruk!!:((

deni dotten said...

*siap2 nyebar undangan arisan ibu2 kkc

a riesnawaty said...

tuuu.. nambah satu peserta

a riesnawaty said...

good point Mas...:)

a riesnawaty said...

pastinyaaa

a riesnawaty said...

jangan Maaas.. puyeng lho..

a riesnawaty said...

hahaha... arisan KKC mah, arisan tenda+kerir aja Deeen..

a riesnawaty said...

arisan? jangan2 saya lagi mimpi nih Wi... hihihi...

mlaku mlaku ambar said...

ngga pernah ikut arisan satupun hi hi hi...dulu arisan anak2 hasilnya beli baju hiks

Sweet Susan said...

arisan di gunung yang jadi borex-nya tante aris yach...
1. tiap bulan harus ganti gunung biar ga bosen.
2. ngocoknya di puncak gunung n ga boleh diwakilkan.
3. hadiah hiburan berupa kompor, gula
kira-kira berapaan nih sumbangannya????
hahahaha... :D

DJ Ockie said...

Bwahahaha ... gw baca dr atas ... pas sampe ... ~>“alhamdulillaaaaaaaaaah……. !!!!!” gw ngakak kenceng bgt ... pdhal dikantor ruangan lg hening gituw ... spontan smua pd nengok ke gw ... ahah .. dudul ni ibu2 arisan ...

a riesnawaty said...

hehehe.... apa kabar kie? senengnya bisa mbikin orang ketawa kayak gitu. yaaah.. namanya juga socialita.. ibu-ibu...

a riesnawaty said...

whuaduuuh.. berat euy. mengemban tugas mulia seperti ini :)

a riesnawaty said...

jamannya anak2 udah maen arisan, mbar? -inget dulu cuman maen masak2an dan sekolah2an-

DJ Ockie said...

Kabar baik Ries, semoga kamu dan suami jg dalam keadaan baik semua ya ...

Seneng jg sempet baca, abis lg under presure bgt dikantor ... ufgh bisa ktawa kek kmaren itu lumayan sdikit bikin lepas ... lega ...

Kalo udah sering ikut2 arisan ibu2 pkk itu jgn ktularan jd tukang gosip ya ... huehuehue ...

Keep in touch please ...

~ e.v.a ~ Beloved's Mom said...

Hehehehe,.. sosialisasi = arisan? Ga juga kali yah :D

a riesnawaty said...

kayaknya aku juga bakal brenti nggak ngikut arisan untuk periode mendatang ;)

daysleeping - said...

hahaha..
kirain mba Aries gabungan dari ke empat tipe di atas hihi...
arisan = kumpulnya ibu2 = gosip2 baru = kebahagian kl dapet ha2..
-Dudee-

a riesnawaty said...

yaaah... gitu deh mas Dude. Saya cukup yg diem di pojokan aja deh ..hehehe...

amilia badri said...

waduh mb menempatkan diri pada ===tipe yg duduk dipojokkan ... :)

a riesnawaty said...

begitulaaaah...

 
;