Saturday, February 25, 2006

lagu pemajat

Rating:★★★★★
Category:Music
Genre: Indie Music
Artist:kompilasi

Saya bukan seorang pemanjat. Rekor tertinggi saya pada papan panjat adalah naik setinggi dua meter dan turun kembali dengan suksesnya. Setelah itu, karir saya ‘tamat’ J untuk sementara. Saya punya beberapa teori mengenainya. But, that’s another story.

Karena kali ini saya akan membahas mengenai kaset kuno milik seorang teman. Cukup mengejutkan saya *selaku orang awam*, kaset ini ternyata cukup fenomenal diantara para pemanjat dan orang-orang yang sering terlibat dalam kegiatan outdoor activity.

Pertama kali, waktu saya dipinjamkan kaset ini. Hanya sebuah kaset telanjang, nggak ada sampulnya, ngga ada boxnya. Sama sekali nggak ada petunjuk, siapa penyanyinya atau apa sih judul lagunya. Walau masih penasaran, saya bener-bener sudah jatuh cinta padanya. Liriknya sarat dengan perenungan hidup, alam dan hubungan dengan Tuhan. Dan melodynya indah sekali, sederhana tapi syahdu.

Dan beberapa minggu kemudian, *atas permintaan saya yang tidak pernah putus asa* akhirnya sampul kaset itu menyusul juga.

Cover sederhana berwarna coklat tanah, yang dicetak diatas kertas daur ulang. Bergambar Patung kepala yang dipahat diatas tebing dan ‘meminjam’ nama besar Iwan Fals, Namanya tertulis berurutan dengan judul kaset ini. Yup! Lagu Pemanjat.

Iwan Fals tidak sendiri, karena bersama Bambang Sirjohn, Cok Rampal, Riza Arshad, Yunus Adjierao dan Harry Suliztiarto, menyumbangkan buah karya mereka khusus atas permintaan Kelompok Trahlor *yang terdiri atas pencinta alam* Uniknya semua keuntungan dari penjualan kaset ini akan disumbangkan untuk pembinaan generasi muda melalui olahraga panjat tebing.

Album ini kaya dengan alat musik, lirik dan warna suara penyanyi yang beragam. Ada delapan lagu yaitu: Lagu Pemanjat, Pada Batu dalam Diam, Yang Mana Jalan ke Situ, Kudatangkan Tubuh-Mu, Lagu Lama Gaungnya Rata, 8.8mmDalam Kuasa-Mu, Iya Memang Kamu, Cair Lalu Mencari….

Saya paling suka lagu yang berjudul “Lagu Lama gaungnya Rata” Ini sebagian liriknya ….”dari arah mana aku menyapa, terhalang bukit dinding berbatu, irama lama membawa berita, ceritanya tak semerdu dulu…”
Dinyanyikan sekaligus diciptakan oleh Cok Rampal. Diiringi piano akustik, mandolin dan rebana. Yang menarik buat saya adalah efek derap kaki *yang suaranya diisi oleh Riza Arshad, Cok Rampal dkk* berikut suara latar oleh Heroe Soeprapto, istri dan anak-anaknya. *hehehehe.. istri dan anak-anaknya
J*

But…… overall, bagus bangeeeeeeet!

Kemayoran, 24 Februari 2006; 15.27


mau ndenger lagunya?coba klik yang satu ini lagu pemanjat



Melalui forum ini saya juga mohon ijin, kulonuwun, permisi… untuk memindahkan lagu-lagu ini dari format tape kedalam format mp3. Ini untuk konsumsi pribadi sadja. Sambil menunggu kalau-kalau ada release ulang :)

Oh iyah, sebelum lupa, *sebagai ganti kata ps J* :

[Menurut ‘saksi hidup’ *temen yang punya kaset ini* Album ini release sekitar tahun 1997. harganya masih 7500 perak. Limited edition. Sekarang, sudah nggak ada lagi]
“Susah nyarinya, Ciing!”
“oic…” [yeeee, emang gw kuciiing!]
“lagu kebangsaan pemanjat!”
J …”



29 comments:

mlaku mlaku ambar said...

hikssss plis deh kirimin aku.....*walau bukan pemanjat*

deni dotten said...

ak daftar untuk copy nya dong, mp3 jg gpp ...*memelas*

a riesnawaty said...

Den, ntar aku bawain pas Baduy trip or acara jumpa fans setelah baduy itu yah?
Mbar... dengan berat hati *dan berat diongkos ..huehehehehe* terpaksa, no cd for you. Aku upload di MP saja lagu pemanjatnya yaaaa? CDnya entar aja kalo aku mampir di UK *yang entah kapan aku tak tauuuuu*

'n now, everybodeeeeh......sing it ...!

Marwan Azis said...

mantap

Marwan Azis said...

copy donk, oke

XXXX YYYY said...

mbak album trahlor na di upload semua dunk :D

a riesnawaty said...

hehe... sabar yaaah... tunggu aja. Ntar aku upload semua deh... :)
*met kenal*

XXXX YYYY said...

met kenal juga mbak,.. lagu ini berhubungan berat dengan senior saya , and seharusnya dia tuh yg bawa lagu ini sewaktu mendiang kang Harry masih hidup. nah.. jadi karena senior saya juga pemanjat nah katanya wajah mbak mirip ama mbak emi.. pemanjat dari jakarta ( nah lho ada afa afa ene ) hehe...

XXXX YYYY said...

[Menurut ‘saksi hidup’ *temen yang punya kaset ini* Album ini release sekitar tahun 1997. harganya masih 7500 perak. Limited edition. Sekarang, sudah nggak ada lagi]
“Susah nyarinya, Ciing!”
“oic…” [yeeee, emang gw kuciiing!]
“lagu kebangsaan pemanjat!”
“ J …”

=====================

album ini menrut senior saya dirilis akhir taun 96' Launching nya di akhir bulan januari 97' dan pada bulan 3 taon 97' yuyun dan etha ketemu dengan senior saya di kompetisi 3P di taon 97' begitulah menurut senior saya yg sempat terlibat dengan album ini.. jadi banyak cerita tentang jalan nya pembuatan album ini dari senior saya.. but intinya yg penting plod ykz mbak :P~

a riesnawaty said...

haik! :D

*makasih lho buat sharing infonya...mmm.. menarik sekali ...*

XXXX YYYY said...

mas boleh minta mp3 lagu Kudatangkan Tubuh-Mu, klo bisa satu album lagu pemanjat......... thanks

wylla solfi said...

mbak aries, kalo liat alamat multiply mbak, aku jadi bingung....mbak ini dokter hewan, pendaki, ato fotographer....foto2 koleksi mbak bagus2 angelnya....backgroundnya selalu aja sebagian banyak di gunung.....makasih fotonya, aku down load....gak papa kan?

Agam Fatchurrochman said...

salam kenal. baru tahu ada yang namanya lagu pemanjat...agam

a riesnawaty said...

salam kenal kembali mas. Silakan ndengerin lagunya deh..

a riesnawaty said...

silakaaaan.. :)

batu karank said...

ijin unduh ya brotha..!!

a riesnawaty said...

wokeh!

*disangka bro lagi.. hiks!*

Igoen Oto said...

mba aries lagu pemanjatnya ra iso di download :(

a riesnawaty said...

ini sejak fasilitas downloadnya dinon aktifkan sama 'mbah Multiply' tapi ternyata masih bisa download kok. Sedikit usaha. tapi tetep bisa. :D

http://babikecap.multiply.com/journal/item/352/_Tips_How_to_Download_MusicSong_on_Multiply_Bagaimana_Cara_Mengunduh_MusikLagu_di_Multiply.

nyambung kesana ya Mas, untuk cara ngunduhnya. ini berlaku juga buat temen-temen yg laen. monggo, silakan.

Igoen Oto said...

akhirnya ... setelah bersusah payah dgn win amp .... berhasil di save as pake windows media player... (barangkali ada yang mau mencoba)
matur suwun sanget mba aries ... yg dengan tanpa lelah menuntun saya .... hihi malu ... dan person dengan id babikecap .... thanks berat ...
mba aku pengen tau ... yg ambil photo itu mba semua ....swear k keren2 lho ... makasi mba aries .... :)

a riesnawaty said...

hehehe.... sama-sama maaaas.....

puguh arbiyantoro said...

mbak upload semua dong....please.
aq pernah punya tp dbw tmn...ga tau...lupa balikin kali..
sampe sekarang orangnya entah kmn...
kebetulan aq pernah jd pemanjat so...tu lg kebangsaan kita para pemanjat
tp sekarang sulit nyrinya.
pleeeeeeaaaaaasssseeeeee........

a riesnawaty said...

udah tuh mas arby. udah saya tulis ulang how to ngunduhnya :) ada di http://ariesnawaty.multiply.com/music/item/5/
lanjut aja ke sana Mas...

jonny herbart said...

mengenai cok rampal klik http://jonnyherbart.multiply.com/journal/item/259/Lebih_Dekat_Dengan_Cok_Rampal
mengenai album cikal iwan fals klik http://jonnyherbart.multiply.com/journal/item/268/Tentang_Album_Iwan_Fals_Cikal_REVIEW_

a riesnawaty said...

wow.. kereeeen..makasih mas Jonny... :)
*segera meluncur deh kesana*

son trot said...

akhirnya nemu jugaaaaaaaaa...............!!!!!!!!!!!!!
kaset gw dulu.. *eh nyolong punya kk ding* di gondol kucing kurang ajarr ga tau malu..!!!
*udah tau barang nyolong di colong*

bythewayanyway tengkiuu beratttt!!!!

a riesnawaty said...

sama-sama mas...

gendon_ annaml40 said...

sukron kasiro aku sudah DL 1,5 tahun yang lalu dari mbak Aries,Thank mbak ya.

a riesnawaty said...

hahaha.... sama-sama mas panjuuuul... :D

 
;