Friday, June 06, 2008

Duh Gusti…di rewind please. Di undo doooong....

Suami saya nggak pernah suka makan tomat. Saya sebaliknya. Pada prinsipnya, segala jenis buah dan sayur, saya suka. Entah itu dimakan mentah-mentah, dibelah dan dijadikan lalapan, dijadikan komponen sayur sup, tumis-tumisan. Apalagi disulap menjadi jus pun, saya nggak pernah menolak.

 Padahal sudah berbagai cara saya kerahkan untuk menghadirkan si tomat merah merekah nan segar itu. Hampir di setiap kesempatan  si tomat itu selalu ada di meja makan.

Wujudnya pun rupa-rupa. kadang-kadang diselipkan menjadi irisan tomat diantara timun lalapan. Tiba-tiba muncul diantara lilitan mie goreng. atau nongol diantara wortel dan kol yang ada di dalam sup yang hangat itu.

 Lain waktu, saya seakan tak peduli dan memakan tomat itu dengan ekspresi -duhinitomatenakdansegerbangetlhoooooo- dan berharap ia tergiur untuk ikut mencicipi. Atau kadang-kadang secara provokatif saya letakkan potongan tomat itu di piringnya. dan dengan tampang galak berkata :

 “Nggak mau tahu! Habiskan!*

 Dan tetap saja tomat cantik itu disisihkannya di ujung piring. Saya kehabisan akal.

 Hingga kemarin saya ngintip, postingan temen ngempie saya. Waaah… boleh juga nih. Nggak sama persis sih. Telurnya saya ganti dengan tempe. Dia nggak bakal tahu, karena tomatnya saya haluskan bersama bumbu-bumbu yang lain.

Makan malam itu sukses. Suami saya melahap tumisan tempe itu sampai habis. Saya nggak terlalu expert sih kalo urusan masak. Tapi dapet nilai ‘memuaskan’ dari sang suami. Cukup membuat hidung saya kembang kempis.

Ah, kejayaan ini harus diulang kembali nih. Sahut saya dalam hati. Besok pagi mbikin nasi goreng tapi dengan bumbu tomat kayak gini aaaah.

“gimana nasi gorengnya? Enak?” tanya saya keg e er-an.

“woooo… enak banget hanyyyyy”

“itu bumbunya pake tomat lhoooooo” Ah.. serasa jadi koki terhebat di dunia

Mendadak ia berhenti makan. Dalam hati saya. Duh Gusti…di rewind please. Di undo doooong. Atau apa sajalah. Tarik kembali ucapan saya barusan. Itu sudah setengah piring ia habiskan.

“hany.. sudah berkali-kali saya bilang, kalo saya nggak suka makan tomat” dan benar. Ia langsung mogok makan.

Saya nyengir. Untung saya sudah punya back up plan. Dua potong roti panggang beroles susu, keju dan potongan buah strawberry. Pelan-pelan saya sodorkan kehadapannya.

 Tamat sudah nasi goreng saus tomat ciptaan saya.


Serpong 6 juni 08 11:28 (mpus2 lagi bobo di kolong mobil. Adem kali ya) lebih dekat dengan si tomat silakan lihat disini. ilustrasinya juga 'dipinjam' dari sini : http://id.wikipedia.org/wiki/Tomat

39 comments:

tembang pribumi said...

Lha kok bisa ndak nggeh kalo itu ada tomatnya....kan rada asem :D

Imas Nasution said...

ato gini ajah, coba pake music therapy.
ponakan gw punya lagu favorit yg suka diputer saban hari. lirik lagunya gini:
tomat..tomat..tomat..itulah namanya
buah tomat berguna...
ada tomat ijo ada tomat merah...dst

pagi bagun tidur & malam sebelum tidur puterin lagu itu aja buat suami mu. siapa tahu jadi terhipnotis ;)
qiqiqiqiqi.... :D

Wiwiek Sulistyowati said...

Pasti pernah trauma ama tomat

a riesnawaty said...

namanya juga lagi 'nggak sadar' hehehehe...

a riesnawaty said...

buhuahahahahaha...... ide cemerlang tuh, Mas... *apalagi kalo hipnotisnya ditambah dengan kata-kata seperti ini.. istrimu ini cantik sekali lho, baik sekali, manis sekali. besok pulang kantor mbawa oleh-oleh ya. hari minggu, jalan-jalan n nonton bioskop* <----- hidden agenda.

a riesnawaty said...

nggak cuma tomat mbak Wiek... sama bawang merah, bawang putih dan cabe jugaaaa... duh. padahal itu kan bumbu wajib kalo mau masak. <-- curhat colongan

Sidqie Djunaedi said...

huaha ... musuh bebuyutan ama tomat kayaknya ... :D

Emma ɐɯɯǝ said...

kok jadi laper.....mau nasi gorengnya...xixixixi
tomat anti kangker loh....coba deh ...MJ nya dirayu lagee....

yulianto yin said...

hehehe...kaya aku, paling ga bisa makan tomat...karena langsung mual dan sakit perut...

L Tjahjono said...

Saya satu dari sekian yang doyan tomat mentah...
kalo Chipi masak dan membelah tomat jadi dua, saya selalu tanya sambil nyengir... "yang separo di pake gak..?"

Imas Nasution said...

wah kalo lagunya ditambahin lirik beginian mah gw nggak jamin bakalan ampuh :D

astri kusuma said...

saya juga nggak suka makan tomat lho mbak..:D

mlaku mlaku ambar said...

aku juga ngga suka tomat, tapi ngga segitunya anti deh ries. Kalo makan ngebayangnya ikan :)

deni dotten said...

wah padahal bagus banget, u co jg bisa nyegah prostat ...
dibikin es tomat juga sueeggeeerrrrrrr ...

MJ, besok kalo ke depok saya jamu es tomat yaaaaaa ... hehe ...

a riesnawaty said...

kalo jus tomat, Deeeen. MJ pasti mauuuuuh...

a riesnawaty said...

hahaha.....

jejak kaki said...

Khan tomat enak yaaaaa.... **ngirimi tomat segabruukkk**

a riesnawaty said...

luwoh? kok bisa begitu Mbar?

a riesnawaty said...

siap-siap nampung pake karung...:D

Rumah Evan said...

hmm .. aku semua sayuran ..tumisan ..buah buahan ..suka semua mb ..kecuali jengkol ma pete .. biar campur nasi goreng or lalap .. ga sanggup makannya

a riesnawaty said...

asal nggak anti semua buah n sayur, astri.

a riesnawaty said...

huaa..nggak mempaaaaan...!

a riesnawaty said...

huaa..nggak mempaaaaan...!

D.K. Wiradiredja said...

aku sukaaa bangeettttt tomat...tapi ga sukkkaaaa.......kacang panjang...(yang dimasak, kalo mentah aku suka...)..hehehhee

a riesnawaty said...

wah mas Hendi, justru ini favorit saya n suami .. hihihi..

a riesnawaty said...

hihihi...

a riesnawaty said...

wah.. kebalik dunk. kalo saya, justru yg mentah.. ogaaaah!

a riesnawaty said...

iya sih. rasanya agak asam yah. tapi kalo ditambah gula.. wuiiih... suedeeep.

a riesnawaty said...

iya tuh mas..

Rumah Evan said...

hehehe , asyik dong kalo kompak sukanya. Aku kalo dirumah dulu biasanya jadi minoritas.. yang lain doyan banget maem yang dua ini .. aku di ceplokin telor doang ..huhu

bagus hu said...

mungkin dulu liat tomat ada ulatnya. dulu waktu kecil gue gitu loh. setelah sekarang bisa milih tomat yg segar, jadi doyan aja.

selvi dh said...

wakakakak...
ries..ries...salut salut....jurus mu ampuh...
*) mau donk, nasi gorengnya :D dikirim lewwat email ja...hahaha:D

Yohanes Sugianto said...

ck ck ck, lebih mudah ngurus mpus ya ha ha ha.........

a riesnawaty said...

bisa jadi ya Gus,,,, *mau investigasi dulu*

a riesnawaty said...

huehehe... dikirim via emaiiilll. mana bisaaaa...ntar aja kalo aku ke malang. aku bikinin deeeh.

a riesnawaty said...

hahaha.. iya!

Ully Rangkuti said...

kalo orang lain mungkin makan mie instan rebus pake sawi (sosin), saya pake tomat, mbak... yang guedeeee... =)

a riesnawaty said...

dudududududuuuuu... :D

a riesnawaty said...

tos dulu ah mbak Ully... :D idem ditto sama sayaaah...

 
;