Friday, July 27, 2007

pagi tadi mpuss demplon datang

Beberapa hari yang lalu mpus demplon datang ke rumah. Seperti biasa, ritual pagi. Miau-miau nunggu jatah sarapan. Piring kucingnya –piring plastik warna orange- sudah saya isi makanan. Dan saya letakkan di carport depan.

 

Tapi kok masih berisik ya. Jadi penasaran. Yaoloooooo…. J ada dua mpus mungil yang lagi main di kolong mobil. Masih bayi. Matanya masih abu-abu –kayaknya sih belum bisa ngeliat- yang satu warnanya putih totol kuning –persis seperti si demplon- dan satu lagi berwarna putih totol abu-abu –persis empus sepupu. Curiga deh. Jangan-jangan incest? L- Saya belum berani mendekat apalagi menggendongnya. Ntar anaknya dicuekin sama emaknya. Kasihan kan ?

 

Seneng deh. Artinya si Demplon sudi memperkenalkan saya kepada kedua anaknya. Saya sih sabar menanti. Tinggal tunggu waktu aja. Saya tahu, sudah beberapa kali dia survei di dalam rumah. Nyari spot yang nyaman untuk anak-anak tercinta.

 

Tapi sayang seribu sayang. Impian saya akan datangnya penghuni baru, hancur seketika. Ada dua peristiwa nih yang mungkin membuat si Demplon menarik kembali keputusannya.

 

Jadi begini ceritanya, setelah kenyang sarapan, si Demplon mengikuti saya ke dapur belakang. Dapur ini terbuka ke luar. Berhubung kapling belakang belum dibangun orang. Jadi hanya dibatasi dengan pagar tembok, sedikit teralis dan jajaran bambu –yaaah… belanda aja pasti ngabur ngeliat jajaran bambu runcing segitu banyaknya J-

 

Sebenarnya sejak pagi saya sudah tahu kalau ada mpus cowok dari komplek tetangga yang lagi cengar-cengir di pagar belakang.  Sayang nggak sempet dipotret.

  

Badannya tinggi besar. Bulunya hitam. Tapi dari sebagian wajah hingga dadanya yang bidang itu –cieeeee… jangan protes ya-  serta kedua kaki depannya, berwarna putih. Persis seperti pinguin. Persis seperti manusia yang sedang memakai tuxedo. Jadi empus ini saya panggil mpus empus Edo deh biar lebih akrab. J

 

Nah, kembali ke mpus Demplon. Melihat ada kucing lain nongkrong di daerah kekuasaannya -apalagi masih ada dua anak kecil yang harus dilindungi- Tiada ampun lagi deh, disusulnya hingga dekat pagar, ditariknya mpus Edo, yang masih shock karena nggak nyangka, ada kucing cewek -emak-emak gitu lho-, pagi-pagi udah ngajak duel.

 

Mpus Edo memilih mengalah. Dan nggak pernah muncul hingga hari ini -tuh kan, kenapa saya sedih, nggak sempet di potret sih-

 

Peristiwa kedua, waktu sore hari itu. –pernah saya ceritakan sebelumnya- ada mpuss on the roof yang nangkring di atas atap. Mpus burung ini –iya deh. Namanya kurang keren ya? Habis, berani amat maennya. Dari atap ke atap gitu loh-  yang terus mengusik kedamaian rumah ini.

 

Saya sih nggak menyalahkan si Demplon jika akhirnya ia mengungsikan kedua anaknya ke kapling kosong di ujung jalan sana. Mungkin jauh lebih aman daripada disini. Bagaimanapun, keamanan itu tetap nomor satu. Mudah-mudahan suatu saat mereka datang dan mampir lagi.  Ya mpus yaaaa?

 

Serpong 25 juli 07

-jadi inget untuk ditulis, gara-gara barusan ngeliat mpus burung rapelling turun dari atap haha… empus gitu loh- 

6 comments:

Suparka S Raksapradja said...

Lucu,.... "fabel" mpuss-nya Ries.

Iman Soe said...

kikiki.... ntar kapan2 mpus putih diajak kenalan yaaaa..:D

theresa jackson said...

Para empus dapat salam dari empus Bubu dan empus Cupik deh!

already rain said...

hwa maw liyaat anaknya mpus demplon.....

a riesnawaty said...

aki Suparka : makasih akiiiii... makasiiiih....

iman : mangkanyeee.. maen kesini duuuunk. aku terus yang maen ke kober. nyambangin si empus putih punya kalian yang rajin miau-miau di depan rumah.

mbak thres : salam balik tuh katanya, buat bubu n cupik...

dek liana : maen kesini yoook .. hehe...

upit upit said...

gila.. si kucing maen kapling2an.. kayak tukang parkir aja hahaha.....

 
;