Sunday, June 04, 2006

[C-U-R-L-Y]


Punya rambut keriting *seperti ..ehem..ehem …saya ini looh!* memang serba salah. Dulu saya pernah menyesali diri dan berharap dilahirkan kembali dengan rambut lurus bak iklan-iklan shampoo di TV. *Damn! Kalian semua, para pembuat iklan!*

Tapi tidak lagi, masa-masa rambut yang dipotong pendek, masa-masa rambut diberi gel hingga satu botol, masa-masa rambut diberi pemberat *biar lurus maksudnya*, masa-masa rambut megar dan liar tak terkendali, sudah berakhir. *guuuubrraaaakkks!*

Kalo dipikir-pikir, sebenernya asyik juga punya rambut keriting. Mau tau buktinya?

Ini salah satunya.

Hingga hari ini beberapa sahabat yang cukup dekat di hati masih memiliki panggilan tertentu yang rasanya “nyeeeesssss” di telinga. Seperti tetesan air yang menitik diatas bebatuan. Sueeejuuuuuk banged! [catatan redaksi : dengan d dan bukan t, menunjukkan rasa amat sangat yang begitu mendalam].

Saya masih ingat, ketika kuliah dulu *yang tentunya, ketika trend kemeja flanel kotak-kotak, yang digulung hingga siku masih berlaku pada saat itu* saya kerap dipanggil dengan sebutan, KRIT!

Hehehe… Sejarahnya cukup panjang dan berliku.

Demi menjadi satu-satunya mahasiswi yang berambut keriting tak terkendali di kampus. Cukup menarik perhatian teman satu jurusanku. Bedanya dia adalah satu-satunya pria yang berambut keriting, just like me, but in another version I think J.

Kami berdua cukup tahu diri untuk membentuk himpunan ‘perjuangan’ sebagai perhimpunan tandingan perhimpunan mahasiswa jurusan. HIMAKRIT.. yup kependekan dari Himpunan Mahasiswa Keriting. Yang AD/ART nya hanya ada dua pasal, yaitu :

  1. anggota himpunan Himakrit adalah mahasiswa yang berambut keriting
  2. jika tidak keriting, lihat kembali pasal satu

Himpunan kami ini cukup terkenal *untuk level tertentu* Telinga ini cepat tegak dan sensitif begitu dipanggil Krit dibanding nama default-ku. Dan hebatnya *sigh* mulai menyebar hingga beberapa generasi diatas angkatan kami.

Yang lain, CURLY! Muncul dari temen kantorku dulu. Istilah ini datang akibat kagumnya dia atas rambut saya yang (herannya) masih keriting tak terkendali selepas pendakian gunung Rinjani. Panggilan itu bener-bener unik dan nggak ada duanya. Dari omongannya saja sudah tergambar seribu rasa sayang yang nggak terucap dengan kata-kata.

Sayangnya, udah lama nggak ketemu lagi dengan orang yang satu ini. Cuma kadang-kadang saja ada satu SMS yang masuh di tengah hari bolong. : “Ada dimana Curly?” Huaaaa… kalau sudah begitu, sudah deh….. yang laen pada lewat.

Nah, yang ini masih lebih moderat, *ini saya dengar dari penuturan resmi teman yang lain, yang menjadi saksi hidup* waktu kami trekking bareng ke TNGH awal tahun 2004 lalu. Ketika saya lewat, ia mencolek teman yang berdiri disebelahnya dan bertanya :

“Siapa tuh yang rambutnya kiwil-kiwil ?* hehehehe.. ada-ada saja.

Tapi kalo yang satu ini, cukup punya panggilan kecil untukku. Ketika saya lagi sebel dan moody dengan entengnya dia berucap “Ada apa KITING ?” *penggalan singkat untuk keriting* kalo udah gitu, ku jawab saja. “ Huaaaaa...om jugaaaa!!!* hehehehe…..

Terakhir, ada yang masih cukup ‘manusiawi’ untuk bersusah payah memanggil nama lengkapku, walau sedikit kelelahan karena mengucapkannya dengan satu tarikan nafas. “Ariesna?” hehe…mungkin ingin membedakan dengan nama aries-aries lainnya ya? Hebatnya trend ini kemudian diikuti oleh beberapa teman lainnya. Rasanya lebih maniez ndengernya.

Tapi, terlepas dari itu semua, itulah yang membuat aku merasa special. Itulah juga sebabnya,kalian selalu memiliki tempat yang khusus di dalam hatiku. I love u all ….!!!

[coretan ini saya persembahkan untuk sahabat-sahabat terdekat saya …., Jeje, Mas Singgih, Ceceu’, Harley, Nefran, Joko dan Joe]

21 comments:

Mom AG said...

aku malah pengen dikit dkruil mbak..tapi sayang rambutku terlalu lemes jd plg bertahan 1-2 jam tok.

Toto ' said...

hehehehe........... blom ada yg manggil kriwil ya ??

L Tjahjono said...

Mo ngadain lomba kitring kitringan nggak? gw mo ikut dan pasti dapet juara! :P`

selvi dh said...

hiks...sesama kriting's -kerr dilarang bersaing keras..

a riesnawaty said...

wuiiiii.... ternyata banyak yang aku tidak tahu tentang dirimu Tjjoe ... :)

L Tjahjono said...

Misal ada alat pengukur ke-kritingan gitu, pasti langsung error kalo dah kena rambut gwe, kriting banget nggak... ikal nggak.. lurus juga nggak.... susaaah susahh... :P`

a riesnawaty said...

lha? itu barusan? hehehe.. dirimu barusan yang manggil saya Kriwil.. *makasih yaaaa..*

a riesnawaty said...

iya ya.. mbak... manusia nggak ada pernah puasnya...

a riesnawaty said...

buhuuahahahaha.... dengan kata lain : nggak punya pendirian ya Tjjoe ... :)

deni dotten said...

asik jg jurnalnya hihihi.... jd inget perjuangan manjangin rambut waktu kuliah dl, saking kriwulnya... kl bgn tidur jd kaya singa n ngabisin gel byk bgt :D

tp abis itu cuek aja, stlh panjang... tiap mampir desa2 pas naik gunung, malah jd rebutan ibu2 pgn nyisirin hehehe...

Toto ' said...

Cuman kalo Rinjani dijadiin tolak ukur buat nentuin siapa yg menang, kayaknya mbak Kriwil yg bakal menang deh :))

Soalnya kemarin pas pulang dari Rinjani, secara tiba2 rambutnya Tjjoe dah lurus najis tralala...huehehehe

a riesnawaty said...

deuuuu... yang jadi idola ibu-ibu .... iya deeh ..iyaaa...hehehehe...

Den.. pajang di MP dunk fotomu waktu *let me kutip kata-katamu* ..."kl bgn tidur jd kaya singa" :) (penasaran mode:on)

a riesnawaty said...

deuuuu... yang jadi idola ibu-ibu .... iya deeh ..iyaaa...hehehehe...

Den.. pajang di MP dunk fotomu waktu *let me kutip kata-katamu* ..."kl bgn tidur jd kaya singa" :) (penasaran mode:on)

a riesnawaty said...

huehehehehe.... jadi penasaran ...

deni dotten said...

bagus jg idenya nih, tp ntar pada lari menjauh hehehe... :P

R. Joko Sutias said...

he..he..he. no coment.
sukar di lukiskan lewat kata-kata Neng..


a riesnawaty said...

makasih ya mbakyuuuuu....:)

Emma ɐɯɯǝ said...

curly itu cutie lho.. kayak shirley temple :) ..

a riesnawaty said...

hatur nuhun dik Emma... :)

d'Amyja Songyanan said...

Saya mungkin Ratu rambut keriting,hihi.Yup!Aku keriting...pernah dilurusin tp nampak tidak seperti diri sendiri...dan kesini2 aku nyaman2 aja dgn keriting,bisa berdamai.Udah ada jg yg nyebut kuriwel atau kriwil.Kata orang sich seksi...lebih berseni...dan kk g bilang,org keriting kesannya orgnya bandel dan susah diatur.Hehe.Em!

a riesnawaty said...

huehehe.. iya Mbak.. betul! setuju sekaliiii......

 
;