Monday, November 30, 2009

antara lampu dan pelanggaran HAM

sore itu di ruang depan. Sambil memandang sepetak halaman depan. Ini obrolan saya dengan suami tersayang.

"Apa? Wajib pake lampu taman? Harus seragam pula?" dengus saya, huh aturan yang aneh.

“Udah ketetapan dari pak RT, Hany. Udah kesepakatan bersama" kayak anggota DPR aja.

“Kalau nggak mau gimana?" saya, masih ngeyel.

"Hus! Udah ah... Ikutin aja. Nggak enak sama warga yang lain" kemudian dia ngeloyor pergi.

Hari gini harus seragam? Saya bener-bener nggak setuju. Sejelek-jeleknya rumah, saya nggak ingin disamakan dengan orang lain.

Karena setiap orang itu unik bukan? Lihat aja rumah di ujung jalan itu, pagarnya dicat ungu. Atau rumah nomor 35, langsung berubah hijau warna cat dindingnya.

Saya rasa sih, pasti ada beberapa orang yang nggak sreg dengan lampu jelek ini :D tapi tak kuasa untuk berkata TIDAK. Maaf pak RT, lampunya sih sebenernya nggak jelek-jelek amat. Tapi saya udah terlanjur sebel.

Dan saya pun manyun di pojokan.

Berhari-hari selalu saya pasang tampang PROTES BERAT jika masalah lampu ini disinggung lagi olehnya. Bersama kelima kucing saya, nyaris kami membuat spanduk untuk demo.

Tapi tanpa sepengetahuan saya, rupanya sudah ia setorkan iuran la
mpu ini pada pak RT. Tinggal tunggu waktu pasang lampunya saja.

Uh…rasanya tak berdaya.

disela-sela kegiatan saya mencuci baju, meyiram tanaman dan mengepel lantai. Ide-ide anarkis saya muncul  seperti :

1.    Pura-pura tidak ada dirumah jika nanti ada orang yang datang untuk pasang lampu

2.    Memotong kabelnya kalau sudah terlanjur dipasang

3.    Menggergaji batang besi penopang lampu 

4.    Secara ajaib bohlam lampu  hilang dari tempatnya

5.    dan pura-pura tidak tahu kalau ditanya …(haha!)

Ah.. ide barusan tidak akan menyelesaikan masalah. Batin saya bergelut. Intinya bukan itu. Protes saya ini harus saya sampaikan kepada khalayak ramai.

Seminggu kemudian.

Lampu taman itu sudah dipasang. Dan sudah menyala seperti lampu-lampu taman di rumah tetangga kami yang lain. Apa saya pasrah dan menerima kenyataan ini? Hohooo…. Anda salah besar.

Ada yang beda kali ini.

Cahaya lampu kami warnanya kuning hangat. Satu-satunya lampu yang terangnya seperti itu. Warna kuning di tengah-tengah kepungan lampu taman tetangga yang sinarnya putih menyilaukan.

Haha… rasakan pak RT! Ini bentuk protes saya!!!

BTR, 25 November 2009 ; 22:02 *lagi nunggu yayangnya pulang kopdar, hanya ada Ucup n Pippy di rumah

17 comments:

DhaVe Dhanang said...

dasar pak RT,,,,,

suwasti dewi said...

hehehehe..gitu deh..dimana bumi di pijak disitu langit dijunjung..pijak2 buminya pak RT..hehehehe...

a riesnawaty said...

yah.. gitu deeeeh.. :p

Agam Fatchurrochman said...

Walah, kok ada penyeragaman lampu segala. Emangnya ini kompleks TNI

a riesnawaty said...

itulah dia mas Agam... saya curiga, jangan2 ini ada hidden agenda-nya deh..

*KPK mode on*

Emma ɐɯɯǝ said...

peraturan yang aneh...

bagus hu said...

haha aya2 wae... lampu taman biasanya sasaran ketapel anak2 kecil loh :D

Imam Arkananto said...

Saya setuju sama pak RT, kalo mbak aris dikasih kebebasan pasti yang dipasang lampu petromaks....atau lampu badai yg untuk camping malah.....huahahaha....
kabbuuur aaah sebelum ditimpuk pakai lampu tamannya.........wusssssh.

a riesnawaty said...

hahahaha.....:-))

a riesnawaty said...

-saya udah nyiapin ketapel ...Gus...xixixixi-

a riesnawaty said...

bheeer...

Anonymous said...

mungkin, pak RT nya dapat bonus 1 lampu setiap pembelian 10 lampu...*hehhehe suudzon...*

a riesnawaty said...

hehehe....

difla rahmatika said...

ntar kalo pak RT-nya marah karena lampunya kuning, bilang aja "iya, besok saya ganti pak!". trus, besoknya ganti lagi pake lampu biru... hihihi...

a riesnawaty said...

hahaha... ide bagus tuh mbak.

tjee-pee - said...

Xixixixiii...jadi eye catching...:-P

a riesnawaty said...

si kuning.. si kuning puuuts..

 
;