Tuesday, March 31, 2009

Steril itu pilihan

Steril itu pilihan. Itu kata saya lho. Ah… mungkin saya sedang cari pembenaran  Tapi, sungguh. Ketika jumlah kucing peliharaanmu mulai bertambah dari waktu ke waktu, dan kamu mulai  kerepotan, mulai kehilangan waktu untuk memperhatikan mereka satu persatu. Hmmm… menurut saya sih, sudah waktunya.


Buat saya, untuk ambil langkah itu, diperlukan kemauan untuk membuka pikiran. Open mind. Berani mencoba menerima perubahan. Masih ingat program pemerintah era Soeharto? Program KB itu lho. Dulu untuk menghimbau orang untuk ber-KB rasanya susahnya luar biasa. Betul nggak? Tapi lihat sekarang.

Atauuuuuu….. yang baru-baru ini deh. Program pemerintah untuk beralih dari minyak tanah ke gas? Whaduuuuh.. kok ya rasanya susah mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru. Padahal itu membuat hidup jauh lebih mudah. Memang butuh waktu sih.


Ngomongin hidup lebih mudah, saya jadi ingat ibu saya. Dulu ia nggak mau pakai mesin cuci.”Cucian nggak bersih!” katanya. Mendingan cara tradisional. Rendam, sikat dan bilas. Tapi saya, si manusia keren era millennium ini , keturunan satu generasi dibawahnya, lebih suka pakai mesin cuci.

Alasannya sederhana, karena cepat dan praktis.  Walau pada kenyataannya, sekarang ibu saya masih menggunakan kombinasi keduanya. Mesin cuci dan cuci ala tradisional itu. Saya mau bilang apa. Namanya juga pilihan. Ya nggak? Terserah masing-masing deh.


Kembali ke persoalan steril. Teman saya nggak setuju waktu saya cerita akan mensteril semua kucing peliharaan saya. Katanya, saya menentang mother nature. Mengebiri hak asasi binatang untuk bereproduksi. Tidak berperikekucingan. Dan semua kata-kata mutiara lainnya. Semua saya telan dengan cengiran.

Argumen saya, dianggap tak masuk akal. Ingin menekan populasi kucing? “Huh.. mulia sekali anda.  katanya. Padahal, apa dia mau pelihara tiga ekor anak kucing sekaligus? Apa dia mau pelihara delapan kucing sekaligus?  Atau dia mau mengadopsi setiap anak kucing yang berkeliaran di jalan?

Yang menyedihkan sih, komentar ayah saya. Alkisah, bulan lalu saya pulang ke rumah. Waktu itu saya pamer foto-foto kucing saya di rumah. Begitu ia melihat  foto si mpus pasca operasi steril, mendadak ia kehilangan gairah untuk meneruskannya. Dan bilang “pantes aja. Barangkali kamu kena karma. Belum bisa punya anak karena kucing-kucingmu disteril semua”

“Wuuuuuihhhh… deeeeeeepp!” sahut saya dalam hati. Tapi lagi-lagi si anak bengal ini penasaran. Suara hati harus disampaikan toh. Maka, kembalilah teori-teori mengenai kucing yang terus bertambah.

Tidak berhasil.

Maka, “apa setiap anak kucing yang lahir harus dibuang?”
“ya.. pilih kucing cowok dong”
“dan yang cewek dibuang?”
“eeee……”
ayolah Paaa…. Open mind sedikit deh. *hihihi.. ni anak sotoy banget ya*
“ya enggak… “
“terus?”

Ayah saya diam. Dan kalau dia sudah diam. That’s it. End of conversation. Tapi saya diam aja. Mungkin dia sedang mikir. Sekali lagi. Memang butuh waktu. Sama seperti ibu saya dan mesin cucinya.  Tapi saya nggak tahu dengan teman saya yang satu ini. Padahal, dia juga pelihara seekor kucing lho.

 “Ya dibuang aja, Ries!”
“Lah? Apa dasarnya?”
“Toh ada teori survival. Siapa yang bertahan, dia yang akan terus hidup.”
“Dengan membuang kucing di pasar?”
“Iya”
“aku nggak tega”

Bukannya sama aja. Terori survival yang saya maksud adalah dengan menekan populasinya. Populasi yang cukup laaaah. Supaya jumlah orang yang mau pelihara kucing dan jumlah makanan yang tersedia bagi  mereka tetap seimbang. *ceileeeee… tingkat tinggi nih*

Dengan mensteril kucingku, aku nggak perlu repot mencari orang untuk adopsi kucing, atau repot-repot harus membuang kucing ke pasar kan? Atau gini aja deh. Sebagai manusia yang berakal, aku mewakili kucingku untuk mengambil keputusan untuk mereka. Demi kesejahteraan mereka *analogi yang rada maksa sih sebenernya*

“pokoknya kamu orang yang kejam, Ries”
“maksud lo?”
“tidak berperikekucingan”

Ah.. sutra lah… buat saya, steril itu pilihan. Mana tega saya membuang anak kucing yang baru lahir. Lebih baik saya steril saja induknya. Populasi kucing di rumah tetap tidak bertambah. Dan konsentrasi saya tentu bisa full untuk kucing-kucing tersayang.

Saya harap, orang juga mulai berpikir begitu. Kasihan kan ngeliat anak kucing yang dibuang di pasar, atau di jalan yang meong-meong kelaparan? Kasihan juga kan ngeliat banyak kucing tua yang sakit di tepi jalan karena nggak mampu mencari makan. Atau kucing yang mati karena ditabrak mobil di tengah jalan?


Apa kamu tega?


Serpong 30 maret 2009; 14.16 (sebenernya topic tentang steril kucing ini udah mengendap sejak setahun lalu. Baru bisa ditulis hari ini deh)

18 comments:

IKHa IKHa said...

itu sih...saya banget Mbak!! hehehe...julukan buat Mbak Aries yang tepat adalah Ibu Peri nya para Kucing...

ere shop said...

hiks... aku jg bimbang dgn mensteril anak2 aku mb, semakin hari mereka semakin beranak pinak :( tp aku gak tega buang mrk dan gak tega juga steril mrk...

but somehow, emang bener kata mb aries... semua itu pilihan, balik ke orang masing2 lg ^^ aku menunggu kebulatan tekad utk bs mensteril mrk, moga2 dlm waktu singkat...

punya info tempat dokter bagus steril murah mb? :)

D.K. Wiradiredja said...

mending disumbangin aja ke orang lain yang suka kucing tapi belum punya kucing biar diadopsi..:)

a riesnawaty said...

memang betul, Mas. tapi kebanyakan orang lebih suka kucing persia/ anggora ;) dibanding kucing kampung.. ;(

a riesnawaty said...

waktu itu aku ikutan baksos steril kucing itu lho mbak.
coba deh, pantengin infonya mbak Hany di milis pencintakucing itu.

Kalo ke vet, harganya mahal, dari beberapa yang saya datengin, nggak bisa 'dirayu' untuk berikan special price, padahal saya sampe memohon2.. hihihi... kucing saya banyak dan kucing kampung. *teganya-teganya-teganya*

a riesnawaty said...

xixixi...ibu peri miau-miau .. Kaaaa....:)

ere shop said...

dari anak2 mb, siapa yg udah disteril mb aries?

tanti lestari said...

mba ku adobsi deh kucingnya ...rindu sama kucing ....

IKHa IKHa said...

salam untuk semua miauw-miauw mu Mbak...smoga akan tumbuh perikekucingan dihatiku...(*haiyaah lebay) waakwauuw...

a riesnawaty said...

semuanya udah tuh, mbak. Tinggal si Ucup sama si Malih aja yg belum. :D

kamu udah liat ini belum? http://icarecatsanddogs.multiply.com/photos/album/48/BAKSOS_22_-_STERILISASI_MASSAL_SATWA_DOMESTIK_26_28_29_Maret_09

kemaren kan ada steril massal.

micha rozza said...

.... "kucing Garong" mao ga.....ada neh satu.....

a riesnawaty said...

Tant... gabung aja kesini : pecinta-kucing@yahoogroups.com
banyak yang suka tawarin anak kucing untuk dipelihara. Semoga cepet nemu mpus yang cucooook di hatiiiiih....

a riesnawaty said...

ogaaaah deeeh...
*mewakili Tanti*

Wiwiek Sulistyowati said...

Setuju, steril adalah cara yg cukup berperikucingan ketimbang membiarkan kucing berkeliaran ga jelas di jalan

a riesnawaty said...

hidup mbak Wiwiiiiek ... :D

a riesnawaty said...

hidup mbak Wiwiiiiek ... :D

Ully Rangkuti said...

iya, mbak... saya setuju sterilisasi. tapi belum satu pun kucing saya disteril. yang betina2 baru disuntik antihamil aja, yang jantan2 belum pada gede. saya juga bingung sama mereka2 yang "menganut" teori survival lantas membuang anak kucing yang baru saja terbuka matanya di pinggir jalan karena mereka pikir kucing itu binatang liar, mampu menghidupi diri sendiri, berburu, dan sebagainya. lah, kalo sekecil itu??? nggak mikir apa??? siang ini saya baru mulung lagi seekor, entah suami bakal bilang apa. ribut, ribut deh!

a riesnawaty said...

saya juga gemezzzz tuh, mbak Uly. Sebel ajah. Apalagi yang suka ninggalin anak kucing di depan rumah. Sebenernya di lubuk hati yang paling dalam, mungkin mereka itu nggak tega mbuang anak kucing, mangkanya dia buang di depan rumah *yg pemiliknya cintaaaaaa banget sama kucing kali ya?* kayaknya memang harus disosialisasikan steril murah deh. Ini para dokter hewan, para Vet.. sekali-sekali dong praktek probono. Saya denger dari sumber yang tidak mau disebutkan namanya *obat bius+benang+dll* katanya nggak sampe 50 rebu deh.*apa sekarang udah ada yg generik yah?* Nah lo?

 
;