Saturday, February 23, 2008

jangan pernah berani melawan emak-emak

Ketiga bayi mungil mpus mboy baru berumur tiga hari. Yang satu berwarna hitam. Ada sedikit sapuan warna putih di sekitar wajah dan keempat kakinya. *aaah… pake kaos kaki *

Sedang kedua saudaranya yang lain bercorak tabby *loreng-oreng kayak macan* campuran antara warna hitam dan coklat. Jangan tanya jenis kelaminnya ya. Saya belum berani memeriksanya. Ntar deh. Mungkin sebulan lagi.

 Melihat proses kelahiran ketiga bayi mungil mpus Mboy tiga hari yang lalu membuat saya takjub akan campur tangan-Nya. Praktis tidak ada yang dapat saya perbuat untuk membantunya. Karena hanya naluri hewani yang bekerja. Begitu sistematis. Tak seorang pun *mungkin lebih tepat.. tak seekor kucingpun * yang mengajarkan kepadanya. Dia tahu itu. Dia sudah tahu.

 Dan mungkin saya hanya beruntung saja. Diberi kepercayaan dan dapat duduk dekat dan mendampinginya ketika menghadapi proses kelahiran. Yang saya tahu, kucing itu amat sangat peka. Sedikit saja ada yang membuatnya tidak nyaman. Ia pasti berpindah tempat.  Hingga hari ini pun. Tak ada keluhan sedikitpun dari mpus Mboy bila kami *saya dan suami* datang mendekat, membelai-belai punggungnya dan menengok ketiga anaknya.

Kini ia menjadi seorang ibu yang amat sangat over protective. Dari seluruh hidupnya hanya dua kali ia berani meninggalkan ketiga anaknya. Pertama : waktu makan dan kedua : ketika mau puppy.

Sisanya yang ia lakukan hanyalah menyusui, tidur, duduk, berjaga dan memeluk ketiga anaknya.

Kelakuan Mpus Pippy *that’s another cat in our home* juga berubah. Yang biasanya bossy kini tidak berani lagi menghadapi mpus Mboy. Jarak terdekat yang pernah ia lakukan hanyalah berdiri melongok dari balik pintu.

Tapi kadang-kadang isengnya kumat juga. Sengaja datang dan duduk di depan kapling mpus mboy dan berdesis desis seperti ular. *yaoloooo… pippy.. kamu itu mpus atau ular ya?* sementara mpus Mboy melolong-lolong *tepatnya sih miau-miau * protes tanda tak setuju.

Pagi tadi ada kucing hitam jantan *yangkebetulandatangmampiriseng-isengnumpanglewatdanliat-liatdirumah* tak pelak lagi langsung diajak duel oleh mpus Mboy. Bulu kuduk mereka berdiri. ”Ya Tuhaaaaan!” seru saya pasrah.  “Mati nih.. matiiiii!” *sambil memegang sapu. Siapa tahu mpus Mboy butuh bantuan*

Tapi sepertinya kucing jantan itu tahu diri. Dia nggak mau melawan. Dan lari terbirit-birit melalui pagar belakang. Padahal kalo dipikir-pikir, perawakan mpus jantan itu dua kali lebih besar dari mpus Mboy. *sigh mode on*

Yang ketiban sial sih Mpus Pippy. Entah pagi ini mungkin adalah hari terburuk bagi mpus Pippy. Dia yang sedang bengong di depan pintu dan menonton adu jotos barusan tak luput juga dari tonjokan mpus Mboy. Duh..kasihan kamu mpuuus!

 

Moral of the story is : jangan pernah melawan emak-emak. Demi melindungi anak-anaknya dia bisa galak sekali. Menyerangmu tanpa peringatan sebelumnya

 

Serpong 23 feb 08 11.00 pagi  lagi nonton oprah winfrey show di metro tv (hari ini ultah mama di cimahi….. nelpon dulu aaah!)

17 comments:

Wiwiek Sulistyowati said...

He..he..he... bisa aja Mba *Ngebayangin mpus Pippy yang ketiban sial*

tjee-pee - said...

hehehe..si Mboy dari kecil aja udah jutek..palagi jadi emak-emak..:-D

*mbayangin si pippy nelangsa*

already rain said...

haduuuh mboy... jadi kangen pengen gendong mboy *abis pipy susah di gendong sih sigh!* hehehe

a riesnawaty said...

hehehe... begitulah tanteeee.... sekilas ingpoh pagi ini....

bagus hu said...

Aneh bgt deh. Smalem mimpi di rumah bnyak anak kucing. Kyk baru bs jalan gitu. Bulunya alus2 bgt. Apa coba :-D

a riesnawaty said...

dapet rejeki kali Gus... :)

Feri Aja said...

Moral of the story is : jangan pernah melawan emak-emak. Demi melindungi anak-anaknya dia bisa galak sekali. Menyerangmu tanpa peringatan sebelumnya


Iya deh Mak...ngerti aku...

difla rahmatika said...

selamat ya, atas kelahiran bayi2nya..
(eh salah, maksudnya: atas kelahiran bayi2 kucingnya..!)
:p

a riesnawaty said...

mpus mboy : makasih tante diflaaaa..

theresa jackson said...

SElamat atas kelahiran the kittens! Uh, pasti lutuuuu ya! Duh Mpus Boy hebat deh!

Ika W.Burhan said...

kalo manusia,..nih kucing kayaknya ganteng atau cantik yaaa?:-)

tembang pribumi said...

hitam??? Wah itu namanya kucing Condromowo mbak................

Dhian Komala said...

setujuuuuuuuu...

Pradana Tomy said...

siyaaap Mak...

*beri hurmat sama Mamak*

a riesnawaty said...

artinya apa Wi?

a riesnawaty said...

nggak cuma emak kucing aja ya mbak Dhian.... emak kita2 jugaaaa.. hehehe...

a riesnawaty said...

makasih mbak Thresss.. ada salam dari mboy untuk bubu n cupik ya.

 
;